Suatu kejahatan bisa muncul dari berbagai bidang. Tak luput juga dalam dunia teknologi,  contohnya kejahatan yang dialami sebuah website, website mendadak berubah tampilannya. Jika itu terjadi pada website Anda, artinya Anda telah menjadi korban deface website. Deface website adalah salah satu kegiatan yang tujuan utamanya untuk merubah tampilan website halaman utama, index file atau halaman lainnya. Ciri-ciri website yang sudah menjadi korban web deface adalah tampilan tiba-tiba berubah dengan isi pesan yang aneh-aneh yang berbeda dari sebelumnya.

Sebenarnya apa tujuan seseorang melakukan aksi deface website. Aksi deface website sering dilakukan untuk menunjukkan keamanan website yang lemah. Karena buktinya seseorang bisa membobol keamanan website tersebut. Kepentingan komersial. Misalnya seorang hacker tak jarang meretas suatu website dengan cara mengganti tampilan utama dengan tampilan produk toko online mereka. Bahkan tak jarang hacker melakukan deface hanya sebatas iseng saja.

Lalu mengapa sebuah website bisa terkena deface? 
  1. Lemahnya password dan username

Terkadang seseorang memberikan username dan password secara sederhana, untuk mempermudah mereka dalam mengingat. Akibatnya, akan memudahkan hacker merusak website Anda. dengan teknik brute force. Hacker  memanfaatkan bot untuk melakukan ribuan upaya menebak credential login.

  1. Firewall dan antivirus yang tidak terpasang atau tidak aktif

Oleh karena itu, jika Anda tidak memberikan perlindungan tambahan dengan plugin keamanan, Anda bisa saja menjadi korban deface website

  1. Penggunaan tema dan plugin yang rentan terhadap serangan hacker. Selain itu, penting untuk segera menggunakan versi terbaru setiap plugin atau tema terbaru jika sudah mendapat pemberitahuan
Jenis- jenis deface 
  1. Full on Page

Full of page berarti melakukan deface full pada seluruh tampilan website, biasanya yang diubah adalah file indexnya.

  1. Sebagian

deface yang satu ini hanya menyerang sebagian saja. Jadi tidak langsung terlihat seperti full of page, defacer hanya menambahkan script-script yang mengganggu saja. Untuk mengetahui apakah terkena deface sebagian ini agak sedikit susah, apalagi jika defacer hanya menaruh script yang tujuannya untuk mencuri data yang ada pada website. Solusinya Anda bisa meningkatkan keamanan website Anda agar terhindar dari kedua jenis deface ini.

Cara mengatasi deface
  1. Lakukan update rutin

Menggunakan versi terbaru akan mempersulit upaya hacker untuk melakukan deface website. Sebab, setiap celah keamanan yang ditemukan akan langsung diatasi oleh pihak pengembang platform.

  1. Buat Credential Login yang Sulit

Bila perlu, Anda bisa juga menginstal plugin keamanan yang membatasi percobaan login. Jadi, bisa mengurangi kemungkinan serangan brute force di website Anda. 

  1. Lakukan Backup secara berkala

Jadi, jika website Anda rusak, Anda masih bisa mengembalikan seperti semula dengan file backup yang dimiliki. 

  1. Gunakan HTTPS

Penggunaan HTTP sangat penting terutama bagi Anda yang memiliki toko online, website forum, atau membership. HTTPS adalah protokol yang digunakan untuk menjamin keamanan pertukaran data di website Anda. Jadi, tidak ada penyusupan pada proses request dari user ke server.

  1. Scan malware rutin

Malware bisa masuk ke sistem website Anda tanpa disadari. Oleh karena itu, penting untuk melakukan scan malware secara rutin.

Itulah penjelasan mengenai deface.Untuk urusan pembuatan website maka Anda dapat mempercayakannya pada IMSNet.id. melalui IMSNet.id Anda akan mendapatkan website pilihan Anda

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *