Pengertian VPS

VPS merupakan singkatan dari Virtual Private Server. VPS hosting adalah salah satu layanan hosting yang paling banyak digunakan untuk mengonlinekan website. Tipe hosting ini menggunakan teknologi virtualisasi yang menyediakan resourse dedicated (pribadi) di server meskipun digunakan oleh lebih dari satu user. Virtual Private Server (VPS) adalah server pribadi yang keseluruhan resource-nya hanya digunakan oleh satu pengguna saja dan tidak dipengaruhi oleh pengguna lain. Pengguna dapat mengelola secara penuh semua konfigurasi dan resource yang ada pada VPS dan melakukan apa pun yang diinginkan.

Teknologi yang digunakan VPS adalah virtualisasi hardware server fisik yang kemudian dibagi menjadi beberapa resource berbeda. Disebut virtual karena pembagian ini dilakukan dengan menggunakan software sehingga dalam satu server fisik bisa terdapat beberapa VPS yang dijalankan.

Virtual Private Server (VPS) adalah alternatif shared hosting yang dapat digunakan untuk menyimpan dan dijadikan sebagai web server. Saat menggunakan VPS maka sumber daya yang digunakan tidak terpengaruh dengan pengguna yang lain. Ini sangat berguna, apalagi saat trafik pada website mulai tinggi. Shared hosting yang terbatas jika mendapatkan trafik yang diluar batas yang ditentukan akan terjadi overload dan website tidak bisa diakses.

Apa fungsi dari vps

Virtual Server adalah suatu teknologi virtualisasi di mana dapat membagi sumber daya sebuah server fisik menjadi beberapa bagian secara virtual. Hampir sama ketika anda melakukan instalasi VirtualBox dalam komputer.

VPS memiliki resource yang lebih kecil dibanding sebuah Dedicated Server, Jika kau tahu VPS merupakan hasil dari dedicated server yang dibagi dengan menggunakan teknologi virtualisasi. Untuk harganya jauh lebih murah dibanding dedicated server, Virtual server cocok digunakan untuk bisnis menengah yang mulai berkembang.

Berikut ini adalah beberapa Keunggulan Menggunakan VPS

  • Tidak ada batasan hak akses karena mempunyai akses root yang setara dengan dedicated server
  • Tidak ada batasan jumlah site, jumlah domain, database, DNS, SSH, FTP, email, dll. VPS hanya terbatas pada memory, resouce space dan bandwidth
  • Dapat melakukan manage firewall atau akses kontrol sesuai kebutuhan
  • Dapat melakukan install software dan aplikasi sesuai kebutuhan
  • Kinerja salah satu VPS tidak akan terpengaruh walau dalam satu server ada yang menggunakan resource banyak

Berikut ini adalah beberapa Kelemahan Menggunakan VPS

  • Harga yang mahal ketimbang Shared Hosting.
  • Tidak cocok untuk pemula.
  • Jika terjadi kegagalan hardware maka akan mempengaruhi semua VPS dalam sebuah server.
  • Server harus sering dimonitoring.
  • Berbagi resources dengan pengguna lain, sehingga VPS tidak berjalan maksimal.
  • Instalasi dan manajemen perangkat lunak yanglebih rumit.
  • Keharusan update patch perangkat lunak terbaru.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *