Mungkin istilah User Interface masih asing terdengar ditelinga anda saat ini. Atau justrumalah kata itu sering anda dengar namun belu tau maksudnya. Berikut sedikit pemaparan mengenai user interface

Wikipedia menjelsakan bahwa User Interface memiliki pengertian sebagai sebuah bentuk tampilan yang berhubungan langsung dengan pengguna dan user interface berfungsi untuk menghubungkan antara pengguna dengan sistem operasi sehingga komputer dapat dioperasikan.

User interface sendiri menggabungkan konsep desain visual, desain interasi, dan infrastruktur informasi. Tujuan dari user interface adalah untuk meningkatkan usability dan tentunya user experience. User Interface merupakan serangkai tampilan grafis yang dapat dimengerti oleh pengguna komputer dan diprogram sedemikian rupa sehingga dapat terbaca oleh sistem operasi komputer dan beroperasi sebagaimana mestinya.

Oleh karena itu, User Interface yang baik mampu memberikan pengalaman interaksi yang dapat dimengerti dengan mudah oleh penggunanya (user friendly). Untuk memudahkan, User Interface terdiri dari menu layar dan ikon, keyboard shortcuts, mouse dan pergerakan gestur, command language. Termasuk juga diantaranya komponen fisik untuk memasukan informasi seperti mouse, keyboard, touchscreen, remote dan game control.

Dalam pembuatan sebuah website atau sebuah aplikasi user interface ini berperan sangat penting. Aplikasi, website, ataupun blog yang tidak memiliki user interface yang baik. Pengguna bisa langsung meninggalkan produk Anda sebelum melihat keseluruhan isinya. 

Bagaiman User interface yang baik itu

Jelas

Memiliki UI yang jelas adalah salah satu elemen penting dalam desain user interface, dimana agar orang-orang bisa menggunakan dan berinteraksi dengan sistem Anda dengan mudah. Jika orang-orang tidak bisa mengerti bagaimana cara menggunakan dan menavigasi website Anda itu akan membuat pengguna kebingungan.User interface website yang bagus haruslah jelas. Namun, Anda juga harus membuat desain yang ringkas. Jika Anda terlalu panjang membuat definisi dan penjelasan, website Anda akan akan terlihat berantakan. Pengunjung juga akan menghabiskan waktu hanya untuk membaca deskripsi dalam website Anda. Sebisa mungkin, buatlah penjelasan yang ringkas dan tidak terlalu panjang. 

Singkat

Selain memiliki kejelasan Ui juga harus memiliki penjelasan yangtidak terlalu panjang, jika  Anda meletakkan definisi dan penjelasan pada setiap bagian website Anda, maka itu akan membuat website Anda akan terlihat lebih berantakan. Dan akan menghabiskan waktu pengguna untuk membaca penjelasannya.

Familiar

Buatlah desain website anda intuitif. Secara simple, intuitif artinya layout Anda bisa dimengerti dengan mudah secara natural dan hanya dengan menggunakan instinc. membuat layout website Anda intuitif, maka Anda perlu menggunakan desain web yang familiar yaitu sesuatu yang sudah pernah dilihat sebelumnya, dan masukkan hal-hal ini ke desain web Anda.

Responsif

Interface website Anda harus bisa bekerja dengan cepat. Karena jika website kita loading lama pasti membuatuser experience akan malas . Jika interface Anda bisa loading dengan cepat tentunya user experience Anda juga akan semakin baik.

Desain website yang responsif membuat pengunjung dapat mengakses website Anda di berbagai perangkat seperti PC desktop dan mobile dengan baik. Sederhananya, jika pengunjung website membuka website Anda di layar ponselnya, tampilan website Anda akan menyesuaikan resolusi ponsel Anda.

Konsisten

konsistensi pada interface dapat membantu user untuk mengerti pola. Dari satu interface, mereka bisa mempelajari apa kegunaan tombol, tabs, icons, dan berbagai elemen yang ada pada interface tersebut. Jika mereka nantinya menemukan interface yang mirip, mereka bisa mengerti apa kegunaan elemen-elemen yang ada pada interface tersebut. Dengan begitu, mereka bisa mengerjakan sesuatu dengan lebih cepat dan mempelajari fitur-fitur baru dengan lebih cepat. Sebagai contoh, tampilan program Microsoft Office. Meskipun telah diperbarui beberapa kali, fungsi-fungsi ataupun tombol-tombol pada Microsoft Office tersebut tidak banyak berubah. Pengguna masih dapat mengetahui letak tombol print dan save dengan melihat iconnya. 

Menarik

Yang dimaksud dengan menarik disini adalah interface Anda menarik untuk digunakan. Memang kalau Anda bisa membuat UI Anda simple, mudah digunakan, efisien, dan responsive, Anda sudah memiliki UI yang baik. Tetapi kalau Anda juga bisa membuatnya menarik tentunya akan lebih asik untuk digunakan dan jjuga akan membuat customer Anda lebih senang menggunakan website Anda.

Efisien

User interface yang baik harus memastikan bahwa website dan aplikasinya bisa digunakan dengan efisien. Anda perlu tahu dulu apa yang ingin user capai dan biarkan mereka melakukan langkah-langkahnya tanpa banyak masalah. Anda perlu mengidentifikasi bagaimana website atau aplikasi Anda bekerja. Apa saja fungsinya dan apa kegunaannya. Buat interface yang memudahkan user untuk mencapai tujuan mereka.

Forgiving

Anda mungkin pernah melakukan kesalahan saat sedang mengakses website. Misalnya, Anda salah menghapus informasi, UI yang baik akan membantu Anda mengembalikannya dengan cepat. Selain itu, kalau misalnya user Anda masuk ke halaman website yang error, apakah Anda menyarankan mereka untuk mencoba mengarah ke halaman lain website? Tanpa Anda sadari, hal-hal ini bisa membantu meningkatkan user experience Anda.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *