Apakah kalian penikmat dan pencinta film ? Film apa yang favorit kalian? Menyaksikan film bisa menjadi alat untuk melepas penat setelah banyak aktivitas yang dilalui. Menonton film umumnya bisa dilakukan di bioskop, namun kini tanpa harus mendatangi bioskop kalian sudah dapat menikmati film favotit kalian di smartphone atau laptop. Bagi pencinta film hollywood tentu tak akan asing dengan film film action yang mereka hasilkan, Advangers, Toys Story, Beauty and the Beast dan masih banyak lagi tentunya. Berkembangnya teknologi memungkinkan seseorang memasukkan evek visual yang menakjubkan pada hasil karya film mereka.

Efek CGI yang menjadi handalan mereka dalam pembuatan film fantasi tersebut. Lalu apa CGI itu sendiri? CGI atau Computer Graphic Images adalah teknologi grafis komputer yang digunakan untuk membuat efek visual pada video, yang biasanya terdapat dalam film atau video game. Teknologi ini memugnkinkan terciptanya dunia fantasi yang diluar dugaan.  Sehingga film yang dihasilkan membuat terpana para penikamtnya.

Pembuatan efek CGI ini tak lepas dengan green screen yang membantunya. Green screen berguna untuk memanipulasi background dari objek utama. Background hijau tersebut nantinya akan dihilangkan dan diganti dengan video/ gambar melalui software komputer.

Disini kita akan membahas mengenai tutorial green screen sederhana. Kita akan mengedit video dengan background yang diinginkan.

Pertama proses pengambilan video yang akan diedit backgrounnya, kalian bisa menggunakan green screen portable, atau kain yang berwarna hijau, bahkan jika tidak ada  kalian bisa menggunakan tembok yang berwarana hijau, kalian dapat berkreasi dengan alat alat yang tersedia diekitar kalian. Sebenarnya tidak harus menggnakan latar berwarna hijau, kalian bisa menyesuakain dengan objek utama kalian. Misal objek kalian berwaran hijau maka kalian bisa menggunakan blue screen untuk backgroudn-nya.

Kedua berikan pencahayaan yang merata pada background green screen kalian.  Beri jarak antara background dengan objek untuk menghindari bayangan. Pisahkan cahaya yang menyinari objek dengan background. Saat pembuatan video usahakan objek jangan terlalu banyak bergerak, dan hindari objek bergerak melmpaui gren screen.

Ketiga setelah pengambilan video selesai tahap selanjutnya yaitu melakukan proses editing dengan software pada komputer. Sebagai contohnya  Kalian bisa menggunakan adobe premier untuk melakukan proses editing.

Langkah pertama buka Aplikasi adobe premier, kemudian import video green screen kalian. Setelah berhasil import tarik video kedalam lembar kerja.

Setelah itu kita masuk untuk step menghilangkan background. Pilih menu ultra key lalu drag ke dalam video track kalian.

Selanjutnya pilih key color dan klik dan pilih warna green screen yang paling netral. Ini akan berpengaruh jika pencahayaan kalian dalam pengambilan  video kurang merata sehingga menimbulkan efek warna terlalu gelap dan terlalu terang pada background. Maka pilihlah warna yang netral. Maka warna background akan berubah transparan.

jika warna belum merata kita dapat menggubah beberapa parameternya. Pada sub menu ultra key ubah output  menjadi alpha chanel.  Dalam alpha chanel ini diusahakan untuk object berwarana putih pekat sedangkan background berwarna hitam pekat. Lalu kita dapat memainkan parameter sesuai dengan yang diharpkan. Setelah mendapatkan parameter yang pas, Selanjutnya kita dapat mengganti background sesuai keinginan. Kembalikan output pada ultra key menjadi opposite

Pertama jika kalian ingin mengganti background dengan gambar yang berada di file kalian maka. Pilih file, import gambar setelah masuk pastikan kalian mendrag gambar ke bawah video pada lembar frame. Maka backgraound telah berubah menjadi gambar yang diinginkan

Demikian artikel tentang cara mengubah Background dengan greenscreen. semoga membawa manfaat untuk kalian semua. jangan lupa untuk mengunjungi blog dari IMSNet.id untuk info menarik lainnya.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *