WordPress adalah CMS yang paling populer digunakan saat ini, WordPress juga merupakan CMS yang dianggap paling aman dari serangan hacker dibanding yang lainnya.  Ada banyak hal yang perlu Anda lakukan untuk mengamankan website WordPress dari berbagai macam serangan. Serangan ini bisa berakibat macam-macam, misalnya website Anda tiba-tiba bermasalah atau bahkan sama sekali tidak dapat diakses. Ada baiknya untuk para pengguna WordPress tetap melakukan hal hal di bawah ini untuk menjaga keamanan WordPress Anda. 

Gunakan plugin keamanan WordPress

Banyak tersedia plugin keamanan wordpress yang dapat digunakan, baik secara gratis maupun berbayar. Contohnya, wordfence, all in one wp security & firewall, iTheme security.

Gunakan Hosting terpercaya

Pilih penyedia hosting yang telah menjamin keamanan, Diantaranya sudah menyediakan SSL gratis, anti spam dan fitur keamanan seperti imunify360.

Gunakan PHP versi terbaru

PHP merupakan bagian utama dari website WordPress. karena itu, menggunakan versi terbaru adalah hal yang sangat penting.

Gunakan Password yang kuat

Menggunakan username serta password yang sulit ditebak merupakan hal yang cukup sederhana tapi cukup berguna untuk meningkatkan keamanan website WordPress Anda. Gunakan kata kunci yang terdiri dari kombinasi angka, huruf, dan karakter.

Upgrade WordPress

Gunakan WordPress versi terbaru. Notifikasi upgrade WordPress akan Anda temukan di bagian atas dashboard WordPress. Upgrade WordPress penting dilakukan agar konfigurasi sesuai & WordPress berjalan lebih cepat. WordPress adalah open source software yang secara terus-menerus mendapatkan maintaining dan update.

Batasi akses login dengan captcha

Captcha ini diciptakan untuk memblokir mesin spamming dari posting manapun yang Anda inginkan. Untuk mencegah spammer, Captcha secara efektif dapat bekerja untuk menguji apakah yang berusaha masuk adalah manusia atau mesin.

Itulah beberapa cara mengamankan WordPress yang dapat Anda lakukan untuk mengantisipasi berbagai macam serangan pada website WordPress Anda. Salah satunya dengan menggunakan  plugin atau tools keamanan yang bisa Anda manfaatkan untuk menjaga keamanan website yang Anda kelola melalui WordPress.

IMSNet.id merupakan layanan penyedia jasa web dan hosting, dengan memesan website di IMSNet.id Anda akan mendapatkan gratis domain dan ssl, sudah menggunakan dukungan imunify360 yang akan memberi jaminan keamanan pada website Anda.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *