Menjadi seorang Web Developer merupakan hal yang tidak mudah. Web development adalah bidang yang sangat luas, jadi Anda harus memiliki gambaran jelasnya terlebih dulu sebelum memutuskan untuk terjun lebih jauh ke dalamnya. Web developer merupakan seorang programer yang bertugas untuk membuat berbagai aplikasi dan website untuk klien dan perusahaan. Lalu apa tugas utama web developer

Web development adalah proses pengembangan website secara umum. Prose pengembangan website ini terdiri dari perancangan, pengembangan, pengetesan, sampai dengan rilis. Kemampuan kemampuan yang harus dimiliki seorang web developer yaitu

  1. Menguasai HTML dan CSS (Front end)

HTML adalah Bahasa ini merupakan poin utama yang harus diketahui oleh orang yang ingin terjun di dunia pemrograman. HTML merupakan bahasa pemrograman yang sudah cukup lama digunakan untuk mengembangkan website. Hyper Text Markup Language (HTML) merupakan bahasa yang digunakan untuk membentuk tampilan sebuah web. CSS digunakan untuk menjadikan tampilan sebuah website menarik, CSS memisahkan antara konten dengan tampilan visual di website. CSS bisa mengubah warna, posisi, dan ukuran elemen di dalam website dengan sangat mudah.

  1. Menguasai Back-end

back-end developer berurusan dengan penulisan kode yang tidak terlihat oleh pengunjung. metode back-end. Diantaranya menggunakan PHP, Linux, dan SQL. Jadi seorang back-end bertugas untuk menghubungkan antara bagian depan dengan server atau fungsi-fungsi yang tidak dapat dilihat oleh pengunjung secara langsung.

  1. JavaScript

JavaScript membuat tampilan website lebih interaktif. JavaScript juga mampu membuat berbagai animasi dua dimensi maupun tiga dimensi,fitur dari yang sederhana sampai dengan yang paling kompleks. Misalnya saja layout, galeri, tombol, carousel, dan lain sebagainya.

  1. Web Hacking

Dengan mempelajari web Hacking kita bisa mencegah serangan-serangan hacker ke website

  1. Web Server

Tanpa web server, aplikasi web yang Anda buat tidak akan bisa berjalan. Fungsi utama dari web server adalah untuk melakukan atau mentransfer berkas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan sedemikian rupa. Halaman web yang diminta terdiri dari berkas teks, video, gambar.

Selain hal diatas seorang web developer juga harus mempunyai Kemampuan Tingkat Lanjut seperti keahlian penggunaan tools tools tambahan untuk  pembuatan sebuah website seperti, Linux, linux membuat Anda lebih peduli dengan penulisan dan terbiasa dengan script pemrograman. Framework  Dengan bantuan Framework, Anda tidak perlu membuat aplikasi web dari awal (scratch) dengan menulis satu per satu baris kodenya. CSS Framework, tools ini akan membuat responsive web.

Demikian artikel kami mengenai tips menjadi seorang developer. Ada banyak hal  yang harus dipelajari seseorang jika ingin menjadi web developer, entah itu front-end ataupun back-end developer.  Jika anda masih mempunyai tambahan silahkan tulis di kolom komentar. Jika Anda sudah mahir menjadi seorang programer/ developer bisa jadi nanti Anda bergabung bersama kami di IMSNet.id

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *