Ketika anda memutuskan untuk memilih layanan hosting. Tentunya ada beberapa pertimbangan yang harus Anda perhatikan. Dan ada baiknya  untuk memahami informasi umum seputar Hosting/Server.  Untuk memilih suatu Hosting, bukan hanya harga dan disk space nya saja yang perlu diperhatikan. Anda juga harus menyesuaikan dengan website yang ingin anda buat. Agar tidak salah memilih hosting, Anda tentu harus menetapkan beberapa  kriteria

Masa Sewa

Ketika Anda Memesan sebuah website, Penyedia layanan hosting akan menawarkan Anda tentang masa sewa. Pilihan bergantung sesuai kebutuhan Anda, biasanya provider hosting menyediakan termin sewa 3 bulanan, 6 bulanan, dan tahunan. Nantinya penyedia layanan hosting akan memberikan peringatan kepada anda jika mendekati masa expired. Dimana anda akan ditanya apakah anda akan melanjutkan hosting domain disitu atau tidak. Ketika anda ingin melanjutkan maka anda akan diminta untuk membayar sewa sebesar harga yang telah disepakati di awal.

Space Kapasitas

Biasanya penyedia layanan hosting menyediakan beberapa pilihan paket. Mulai dari 1GB, 3GB, 15GB, 60GB, dan seterusnya. Paket ini harus Anda perhatikan dan konsultasikan dengan web developer Anda. Sebab, kapasitas hosting yang terlalu kecil akan menghambat load website.

RAM

RAM (Random Access Memory) merupakan suatu memori tempat penyimpanan data sementara. Semakin besar RAM yang dimiliki maka Hosting akan semakin cepat dalam memproses website.

Bandwidth

Kebanyakan orang sulit membedakan antara Bandwidth dan Kapasitas Hosting. Kapasitas adalah besaran ruang server yang mampu menyimpan file. Sedangkan bandwidth merupakan volume data yang mampu ditransfer dalam periode tertentu. Semakin tinggi aktivitas website dan semakin banyak pengunjung ke website Anda, maka bandwidth akan cepat habis. Pilihlah penyediakan fasilitas unlimited bandhwith seperti IMSNet.id

Support 24 Jam

Support 24 jam ini sangat membantu terutama bagi Anda yang menjalankan website tanpa bantuan web developer. Pilih penyedia hosting yang menawarkan layanan support atau bantuan teknis 24 jam. Sebab, tak ada yang tahu kapan website kita mengalami gangguan.

Lokasi Server

Sebelum menentukan lokasi server, Anda perlu menganalisis target pasar (pengunjung) Anda berasal dari daerah mana. Misalnya pengunjung kebanyakan dari daerah Indonesia, maka Anda bisa menggunakan server dari indonesia. Logikanya, jika pengunjung membuka website Anda dengan server yang jaraknya cukup dekat dengan mereka, pasti waktu responnya akan lebih cepat jika dibandingkan lokasi server website Anda yang jauh dari pengunjung.

Akses cPanel

cpanel itu penting bagi Anda karena Anda akan lebih mudah dalam mengatur website Anda. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan seperti ini jika memiliki cpanel :

  • Anda bisa melihat spesifikasi komputer server yang menyimpan data-data Anda
  • Anda juga bisa melihat database Anda dan kebutuhan seperti disk space, bandwidth, dll
  • Jika Anda paham, Anda bisa memperbaiki website Anda sendiri apabila ada yang error

Harga yang terjangkau

Harga terjangkau dengan layanan terbaik merupakan impian anda ketika memilih tempat hosting. ada penyedia layanan yang menetapkan harga sangat murah. Harga murah memang baik adanya, namun tidak selamanya lebih baik. Untuk apa memilih layanan yang murah tapi tidak memiliki kualitas layanan yang baik?

Hosting merupakan satu hal yang sangat penting bagi website. Untuk itu, Kami memberikan tips memilih hosting agar anda dapat mengetahui hosting yang “pas” untuk website anda. IMSNet.id merupakan solusi bagi anda. IMSNet.id merupakan  layanan web hosting yang terpercaya dengan penawaran harga dan paket yang patut diperhitungkan.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *