Trafik penipuan melalui social media semakin marak meningkat terjadi seiring berkembangnya  teknologi informasi. Salah satunya berupa email penipuan. Email penipuan atau email scam saat ini menjadi permasalahan serius di dunia cyber.  Isi dari  email-email ini seringkali melakukan penyamaran seperti menawarkan informasi yang seolah-olah penting dan menarik.

jika email sampai kepada penerima, maka penerima bisa mengalami kerugian seperti kebocoran data (password, nama lengkap, tanggal lahir, data bank/kartu kredit) dan bahkan di beberapa kasus kehilangan sejumlah uang. Scam sendiri terdiri dari beberapa jenis.

Phising

Phising adalah upaya untuk mendapatkan informasi data seseorang dengan teknik pengelabuan. Data yang menjadi sasaran phising adalah data pribadi (nama, usia, alamat), data akun (username dan password), dan data finansial (informasi kartu kredit, rekening).

Email phishing ini biasanya menyamar sebagai bank atau institusi yang terkenal, Dengan menggunakan website atau email palsu yang tampak meyakinkan, banyak orang berhasil dikelabui lalu mengarahkan kita untuk konfirmasi data dengan cara klik link yang mereka cantumkan pada email.

Ebay Scam

Modus email ini biasanya menyamar menjadi web ecommerce yang sudah memiliki nama besar, lalu mengirimkan email yang memuat link diskon atau kupon. Jenis scam ini akan menawarkan barang dengan harga yang jauh lebih murah dari yang ada di pasaran, sehingga orang langsung tertarik untuk membel. Anda patut berhati hati ketika mendapatkan tawaran seperti itu di email. Periksa kembali link, apakah benar link tersebut milik ecommerce yang asli atau tidak.

Money Handling

Sacam yang melibatkan pihak ketiga dimana nantinya dana atau uang yang dicuri tersebut nantinya akan diterima oleh suatu badan tertentu terlebih dahulu, sebelum akhirnya uang tersebut akan nanti dikirimkan ke luar negeri.

Scam undian

Ini merupakan scam yang paling sering terjadi, tak sedikit orang yang tertipu oleh scam jenis ini. Biasanya, email ini akan memberikan link untuk klaim hadiah seperti “isi data diri Anda melalui link berikut”. Ada baiknya anda hati-hati ketika menerima email dengan format seperti diatas.

Pastikan anda selalu waspada atau menerapkan metode SCAM Alert yang tepat tersebut. Bahwa banyak modus kejahatan yang bisa dilakukan melalui scam email. Perlu berhati-hati saat membuka dan membaca email, terutama saat terhubung ke jaringan umum seperti wifi di cafe. TIDAK DISARANKAN untuk login akun perbankan jika menggunakan jaringan umum seperti wifi di tempat umum.

Tambahan informasi jika saat ini hosting yang Anda gunakan lelet, kami memiliki rekomendasi Hosting WordPress Terbaik dari IMSNet.id. Ada beberapa fitur seperti, ultrafast SSD, dukungan Litespeed API, Teknologi keamanan Imunify 360, dan lainnya. Cukup dengan biaya 12.900/bulan saja Anda bisa menikmati semua fitur yang tersebut diatas.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *