Plugin memungkinkan Anda  menambahkan fitur-fitur tertentu tanpa harus menguasai ilmu coding. Ada banyak plugin WordPress yang wajib diinstal untuk website berbasis WordPress. plugin WordPress adalah sebuah program tambahan yang dirancang untuk melakukan fungsi tertentu pada WordPress yang belum ada pada WordPress standar, ada 2 versi plugin yaitu versi plugin gratis dan plugin berbayar. WordPress yang saat ini menjadi CMS (Content Management System) dengan pengguna terbesar di dunia bahkan mencapai 58.55% dari total keseluruhan pengguna CMS.  Hal ini memang karena WordPress bersifat open source sehingga banyak komunitas yang mengembangkan, fasilitas dan fitur yang berlimpah termasuk dengan adanya plugin yang banyak jumlahnya.

  1. Plugin Keamanan

Keamanan merupakan salah satu hal yang sangat vital dalam sebuah website. Terutama, apabila website kita menggunakan CMS berbasis WordPress. Untuk itu, penting bagi kita untuk menginstall plugin keamanan wordpress (security). Dengan adanya update rutin WordPress ke versi yang terbaru keamanan WordPress memang sudah terjamin

WordPress Rekomendasi plugin keamanan WordPress pertama datang dari Wordfence. Dilansir dari situs website resmi WordPress, plugin keamanan WordPress satu ini telah didownload lebih dari 2 juta website aktif hingga tulisan ini dirilis. Fitur yang ditawarkan dari Wordfence meliputi firewall, brute force, malware scanner, login security, two factor authentication, login captcha, block IP dan lainnya.

AIO WP Security & Firewall Memang plugin keamanan WordPress dengan rating terbaik sebelumnya adalah Wordfence. Sayangnya, beberapa fitur tidak aktif pada versi gratisnya. Untuk fitur yang ditawarkan meliputi user account security, user login security, user registration security, database security, file system security, htacces & wp-config.php, firewall functionality, brute force dll.

  1. Plugin Kecepatan

Hampir semua pengguna sebuah website baik penggunjung maupun pemilik website pasti menginginkan performa kecepatan website bagus. Tidak bisa dipungkiri Anda akan merasa kesal jika loading suatu website lelet bukan? Bagi Anda pemilik wordPres akan mengalami kerugian sebab pengunjung anda akan merasa malas datang lagi ke website anda karena kurangnya kecepatan. Selain itu dengan cepatnya loading website membuat pengunjung yang datang menjadi betah dan skor bounce rate menjadi turun, sehingga bagus untuk peringkat SEO website. Berikut plugin untuk meningkatkan kecepatan website.

W3 Total Cache salah satu plugin yang paling banyak digunakan di WordPress. Caching memang baik digunakan untuk lebih meringankan kerja suatu website dalam mengambil dan menampilkan informasi yang diperintahkan. Fitur CDN Support, minifying, database caching, browser caching dll yang bisa semakin membuat website kamu bertambah cepat. 

  1. Plugin Backup Data

Plugin ini menawarkan kemudahan dalam melakukan backup data pada website. Kamu tinggal menginstallnya dan melakukan klik beberapa kali, maka proses akan berjalan otomatis. Perkembangan plugin dari WordPress tersebut bisa memberikan manfaat kepada pemilik website WordPress. diantaranya

Backwpup menjadi salah satu plugin gratis untuk membuat cadangan WordPress secara lengkap. Memiliki rating bintang  4,5 dengan jumlah pengguna install sebesar 600 ribuan lebih. Untuk fitur keunggulannya adalah WordPress xml export, check and repair database, generate file, backup to any cloud computing, backup by email dll. beberapa bentuk penyimpanan bisa menggunakan plugin satu ini mulai dari email, file di dalam komputer Anda, Dropbox, Rackspace, Amazon S3, hingga FTP. Maka dari itu penggunaan plugin terbaik untuk backup WordPress satu ini bisa memudahkan dalam hal update frekuensi di situs Anda. Bahkan ada dukungan versi terbaru yakni versi Pro yang mampu menyimpan backup pada akses Google Drive hingga fitur lainnya.

BackUp WordPress memberikan fitur backup lengkap bahkan masih dibekali fitur penjadwalan otomatis. Oleh sebab itu penggunanya dapat menghadirkan jadwal berbeda untuk setiap database. media penyimpanannya sendiri masih hampir sama dengan jenis plugin lainnya mulai dari FTP, Google Drive, hingga Dropbox. Namun untuk bisa menikmati layanan lebih maksimal, Anda bisa membeli versi premiumnya.

  1. Plugin SEO

Jika Anda ingin mendapatkan pengunjung organik atau dari search engine seperti Google atau Bing, melakukan optimasi blog untuk search engine adalah hal yang cukup penting. Biasanya pengguna WordPress baru akan mengalami sedikit kesulitan ketika ingin memilih plugin yang tepat untuk meningkatkan ranking di search engine. Pada plugin tersebut akan ada score SEO setiap konten yang kamu buat apakah sudah maksimal atau belum.

Yoast SEO dengan banyaknya pengguna yang dimiliki oleh plugin ini membuktikan bahwa plugin ini menjadi plugin terbaik untuk SEO. Untuk Anda yang ingin menambahkan SEO title, meta description dan meta keyword ke setiap postingan ataupun halaman, dengan Yoast SEO hal tersebut bisa dilakukan. Fitur unggulannya yaitu SEO Score, Sitemap, Google Analytics, Snippet dll.

All in One SEO Pack plugin SEO WordPress terbaik selanjutnya. Fitur tersebut berupa dukungan Google Analytics, membuat sitemap XML, optimasi pada judul, meta tag dan masih banyak lagi fitur yang dapat meningkatkan peringkat di search engine.

  1. Plugin Anti Spam

Hal yang merugikan ketika Anda membiarkan spammer menyerang situs Anda adalah turunya peringkat SEO dan banyaknya spam akan membebani database Anda dan pada akhirnya situs menjadi terasa berat saat dimuat. Spam tentu saja bukan merupakan hal yang menyenangkan bagi semua pemilik situs, dan ini merupakan gangguan nyata yang harus dihilangkan. Karena sebagian besar spammer adalah bots spam otomatis dan masalah paling umum dari WordPress adalah banyaknya spam yang masuk melalui sistem komentar WordPress.

Akismet dikembangkan oleh Automattic.  Akismet menggunakan layanan web yang didukung oleh server awan yang mengevaluasi komentar untuk spam. Pertama, Anda perlu terhubung ke layanan cloud menggunakan API key yang dapat diperoleh dengan mendaftar ke layanan ini.

Anti-Spam by CleanTalk. Plugin ini plugin antispam berbasis cloud premium untuk WordPress yang memblokir komentar spam, pendaftaran bot spam dan trackback. Plugin ini bekerja sangat mirip dengan Akismet dimana komentar masuk di upload ke server cloud miliki CleanTalk dimana mereka melakukan beberapa pemeriksaan validasi.

  1. Plugin Sosial Media

social media merupakan bagian yang tidak bisa dilepaskan dari bisnis online maupun offline. Jika Anda mengabaikan social media ini, maka Anda mengabaikan basis pelanggan yang sangat besar dan potensial. Caranya dengan memasang plugin social media share yang nantinya pengunjung bisa melakukan share konten ke facebook, twitter, instagram, youtube, linkedin, pinterest, whatsapp dll.

Kiwi Social Sharing punya fitur cukup lengkap yang bisa Anda gunakan untuk menarik perhatian web visitor Anda agar berbagi konten Anda merupakan social sharing plugin yang mudah digunakan. mendukung semua situs social media terkemuka. Kiwi Social Sharing juga hadir dengan opsi pengaturan drag and drop cepat yang bisa membantu Anda menyiapkan elemen share Anda dengan mudah dan leluasa.

Social Warfare Anda bisa mendapatkan akses ke sejumlah fitur canggih yang memengaruhi website traffic Anda. Selain itu Anda mendapatkan opsi untuk menambahkan quote box yang bisa dibaca di dalam konten Anda dan ada banyak pilihan desain yang menarik. Yang pastinya  anda bisa menambahkan sharing buttons yang menarik untuk blog Anda. Anda juga dapat dengan leluasa mengatur di mana posisi sharing buttons ingin diletakkan

Kami harap pembahasan tersebut bisa bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa, untuk urusan web hosting dan nama domain selalu percayakan kepada IMSNet.id  yang sudah melayani konsumen dari berbagai daerah dan wilayah di Indonesia

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *