7 Plugin Comment WordPress yang patut Anda Coba

Plugin memang tidak lepas penggunaanya dari wordpress. Ketika Anda mempunyai sebuah website dan mempunyai banyak pengunjung, itu berarti website anda mempunyai banyak manfaat.  Kadang website Anda akan ada beberapa komentar-komentar masuk pada postingan yang sudah Anda buat. Komentar menjadi salah satu faktor SEO yang penting untuk peringkat website Anda.

WordPress sudah punya fitur atau sistem komentar bawaan. Dengan adanya fitur ini, Anda bisa mengaktifkan kolom komentar di setiap halaman web.  Fitur bawaan ini punya cukup banyak kelebihan. Anda bisa membaca dan menyortir komentar, bahkan mengetahui komentar yang ditinggalkan pembaca berada di halaman atau postingan yang mana. Cara setting comment bawaan dari wordPress

  1. Buka Dashboard -> Comments.
  2. Masuk ke Settings -> Discussion dan kustomisasi pengaturan komentar.
  3. Di halaman Discussion, Anda bisa mengonfigurasi banyak hal, mulai dari tampilan kolom komentar, pengisian nama dan email pembaca, pengaktifan mode thread, hingga pengaturan pingback.

Attempt to notify any blogs linked to from the post: opsi ini berarti mengizinkan sistem WordPress untuk melacak setiap link yang ada di postingan Anda dan mengirimkan pemberitahuan kepada si pemilik link.

Allow link notifications from other blogs : WordPress akan mengirimkan pemberitahuan atau pingback bilamana ada yang menggunakan website atau postingan Anda dalam bentuk link. 

Allow people to submit comments on new posts: Jika tidak ingin pembaca meninggalkan komentar di postingan, opsi ini tidak perlu ditandai. Komentar yang sudah terlanjur di-submit sebelum opsi ini dinonaktifkan tidak akan terhapus. Anda bisa menghapusnya melalui opsi Comment Moderation. Secara khusus, fitur ini dirancang untuk mengelola dan mengontrol setiap komentar yang ditinggalkan di situs Anda. Untuk mengaktifkan opsi Comment Moderation, beri tanda centang pada “An administrator must always approve the comment”. Nantinya situs Anda akan terhindar dari serangan spam,

Adanya kolom komentar di WordPress akan mendatangkan jumlah trafik yang lebih banyak ke website/blog Anda. Peringkat SEO dan nilai situs Anda akan mengalami kenaikan yang signifikan di mesin pencari. Namun tak jarang, keberadaan kolom komentar justru disalahgunakan bagi para spammer dan orang-orang yang memang sengaja ingin menuliskan komentar bernada kasar dan penuh kebencian.

5 Plugin Comment WordPress Terbaik

Jetpack Comment

JetPack menjadi plugin WordPress pertama yang akan kita bahas. Selain plugin untuk meningkatkan performance website plugin security dan plugin site management, JetPack Comment mengelola setiap postingan dengan mudah dan cepat. Pengunjung situs pun bisa menuliskan komentar dengan menggunakan akun media sosial, seperti Facebook atau Twitter, sehingga mereka tidak perlu lagi memasukkan nama dan alamat email.

Disquss

Plugin ini akan menggantikan fungsi fitur komentar bawaan. fitur canggih yang ditawarkan oleh tool ini, misalnya impor komentar dari platform blogging lain, seperti Blogger, Moveable Type, dan platform berbasis data WXR XML. Sehingga komentar lama tetap tersimpan dan tidak akan terhapus setelah Disqus diinstall.

wpDiscuz

memiliki kelebihan pada kecepatan, stabilitas dan desain yang modern. Setiap komentar Anda yang masuk akan langsung disimpan didalam database agar menjaga keamanan. Untuk dukungan wpDiscuz ini bisa login menggunakan akun social media yang Anda miliki dan juga wpDiscuz sudah mendukung tampilan responsive.

Deeper Comment

Dari segi desain, plugin ini memiliki desain paling modern dengan pilihan tema komentar yang beragam. Selain itu untuk dukungan social media tersedia lengkap dan juga ada tambahan opsi share konten ke social media lainnya.

Lazy Load

plugin WordPress yang mampu menaikkan kecepatan loading website. Tak hanya itu, plugin ini juga menyediakan fitur khusus untuk komentar WordPress dengan nama “Lazy Load for Comment”. Plugin ini ditujukan bagi Anda yang memprioritaskan kecepatan loading website daripada menyediakan fungsi tambahan yang sifatnya tidak terlalu penting (misalnya, emoji atau meme). Memiliki konfigurasi yang sederhana 

Fitur komentar WordPress memainkan peran yang sangat penting dan lebih dari sekadar user engagement. tetapi dibalik itu ada beberapa hal-hal penting yang harus diperhatikan agar lebih memaksimalkan website WordPress Anda. Kolom komentar yang dioptimasi sebaik dan semaksimal mungkin dapat menaikkan jumlah traffic website.

Tak lupa juga kami ingatkan untuk Anda untuk memanfaatkan promo domain dan hosting terbaik Indonesia dari IMSNet.id sebagai infrastruktur, agar brand Anda semakin dikenal. Tidak perlu mengeluarkan banyak modal, karena layanan hosting di IMSNet.id  bisa didapatkan dengan harga mulai Rp 12 ribuan perbulan.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *