Ecommerce Selling Online - Free image on Pixabay
pixabay

Sebagai pengguna teknologi. Pastinya Anda sering mendengar istilah marketplace dan juga e-commerce. Dengan adanya jaringan internet dapat mempermudah para pelaku bisnis online dalam melakukan transaksi penjualan secara online. Ada beragam jenis bisnis online yang sering kita dengar diantaranya seperti online shop, e-commerce dan marketplace, namun tahukah anda perbedaan Marketplace dan E-Commerce?

E-Commerce

e-commerce adalah sebuah website yang menjual barang atau jasa kepada calon pembeli. Perbedaan yang sangat krusial antara marketplace dan e-commerce adalah jika di e-commerce hanya menjual berbagai jenis produk dari website itu saja. Dengan demikian para pembeli hanya dapat menemukan satu toko online saja, berbeda halnya dengan marketplace anda dapat menemukan beberapa toko online yang menjual produknya di satu website.

Dengan kata lain, sebuah brand  memiliki websitenya sendiri untuk mempromosikan serta menjual produk yang ia miliki. E-commerce tidak menyediakan space untuk brand lain di dalam website mereka kecuali sudah menjalin merger atau kerjasama.

Marketplace

Marketplace adalah sebuah website yang menghubungkan seorang penjual dengan pembeli melalui internet. Pada awalnya banyak yang beranggapan online shop itu sama dengan marketplace, faktanya berbeda. Marketplace merupakan suatu model bisnis yang memfasilitasi para pedagang online untuk berjualan, dalam kata lain sebagai perantara. Marketplace merupakan website yang menyediakan tempat untuk para pelaku bisnis online yang ingin menjual produk dagangannya. Lewat marketplace para pembeli dapat menemukan berbagai jenis barang yang diinginkan dari berbagai macam online shop.

Perbedaan Marketplace dan E-commerce

Proses pembayaran

Untuk melakukan pembayaran pada transaksi e-commerce, biasanya Anda akan diminta untuk melakukan transfer via ATM atau internet banking. Jika e-commerce yang Anda gunakan berasal dari luar negeri, biasanya mereka hanya menerima pembayaran melalui kartu kredit atau Paypal. Sedangkan marketplace merupakan perantara pembayaran antara penjual dan pembeli, nantinya Setelah pembeli melakukan transfer ke marketplace, marketplace akan meneruskan pembayarannya kepada toko online yang Anda pilih.

Media Komunikasi

marketplace, media komunikasi yang digunakan adalah fitur pesan yang disediakan oleh marketplace tersebut. Tidak sedikit pula penjual atau toko online yang menuliskan nomor telepon mereka di marketplace. Hal ini mempermudah proses komunikasi di antara kedua pihak. Sedangkan e-commerce melakukan komunikasi dengan para calon pembeli dengan fitur message atau email dalam website mereka.

Jenis Produk

jenis produk yang dijual adalah produk pribadi dari suatu brand. Meskipun brand ini mengeluarkan banyak jenis produk misalnya baju, sepatu, topi dan sebagainya, nama merk yang digunakan tetaplah sama. Sedangkan marketplace produk yang dijual berasal dari berbagai macam brand yang berasal dari berbagai toko online.

Bagi Anda yang tertarik untuk membuat website e-commerce sendiri anda bisa memanfaatkan layanan dari IMSNet.id. Selain itu  IMSNet.id bisa melayani solusi hosting untuk Anda. Sebagai provider hosting terbaik di Indonesia, kami menjamin keamanan tingkat tinggi dan performance optimal untuk website e-commerce Anda. 

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *