Ketika Anda sedang menulis sebuah surat elektronik (E-Mail), di bagian bawah dari penerima email utama, Anda akan menemukan bagian “CC” dan “BCC”. CC merupakan singkatan dari “carbon copy” sementara BCC adalah singkatan dari “blind carbon copy“. Meski sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, banyak orang yang masih belum mengerti perbedaan Cc dan Bcc. 

Cc merupakan singkatan dari carbon copy. Penamaan ini mengikuti konsep kertas karbon yang digunakan untuk menyalin tulisan pada kertas lain (misalnya pada nota kwitansi). ketika Anda menulis di kertas teratas, tekanan pena akan membuat apa yang Anda tulis akan tersalin ke kertas di bawah kertas karbon. Dengan begitu, Anda tidak perlu menulis dua kali.

Sedangkan Bcc adalah kependekan dari blind carbon copy. Sama seperti Cc, fitur ini juga akan mengirimkan email yang sama pada penerima. Namun seperti namanya, Bcc ini blind alias tidak bisa dilihat oleh penerima yang lain, baik itu Cc maupun Bcc.

Cc dan Bcc sama-sama untuk mengirim email, namun terdapat makna yang berbeda dari kedua hal tersebut. Cc lebih kepada Salinan karbon seperti pada umumnya sama dengan surat. Sedangkan Bcc juga sama Salinan karbon namun lebih bersifat rahasia atau tertutup. Pada Cc Salinan email yang dikirimkan bisa dilihat oleh seluruh penerima email bahkan meliputi seluruh histori balasan. Berbeda dengan penerima yang masuk ke dalam daftar Bcc. Penerima tersebut hanya bisa menampilkan email yang pertama kali dikirim oleh si pengirim. Email Bcc tidak dapat dilihat penerima lainnya, sedangkan Cc dapat dilihat seluruh penerima. Jadi, hanya pengirim yang dapat mengetahui daftar Bcc lengkap dalam email kirimannya.

Bagaimana penggunaan Cc dan BCc

Sebagai Contoh Ketika Anda merupakan seorang customer Service, anda mendapatkan sebuah email komplain dari seorang pelanggan, kemudian anda akan membalas pesan tersebut, tentunya pemimpin dalam perusahaan Anda akan melakukan evaluasi bagaimana cara anda mengatasi komplain tersebut. Pimpinan akan menilai bagaimana anda bekerja dalam mengatasi komplain dari pelanggan. Caranya ketika Anda membalas email komplain tersebut dengan  meletakkan balasan pada manajer dalam Bcc. Sehingga tanpa diketahui oleh pelanggan, manajer memperhatikan isi dari percakapan email tersebut. Pelanggan hanya tahu bahwa yang membalas emailnya Anda.

Selain untuk customer handling, Anda juga bisa memanfaatkan fitur Cc dan Bcc untuk memaksimalkan email marketing agar tetap terlihat profesional di mata klien. Untuk anda yang memerlukan email bisnis agar terlihat profesional. makanya pesan website dari IMSNet.id dapatkan juga email profesional untuk bisnis Anda. Supaya bisnis anda lebih keren dan terlihat lebih profesional

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *