Jika anda ditanya Apa perbedaan Blog dan website? Mungkin keberadaan artikel ini akan membantu anda menjawab pertanyaan tersebut. Memang tak sedikit orang yang merasa kebingungan dengan perbedaan antara blog dengan sebuah website.  Website dan blog merupakan dua hal yang berbeda. Keduanya memiliki fungsi tersendiri yang menyesuaikan kebutuhan penggunanya.

Pertama kita akan bahas dari segi pengertian

Website merupakan  sejumlah laman online yang terhubung dalam suatu domain,  yang biasanya dikelola oleh individu, perusahaan, institusi, organisasi, atau pemerintah. Sementara blog Blog adalah salah satu jenis website yang kontennya berisi pemikiran satu atau beberapa penulis dan memiliki urutan posting secara kronologis (dari konten terbaru ke konten terlama).

Bisa diartikan bahwa blog merupakan bagian dari sebuah website, tetapi tidak semua website adalah blog.

Konten

Blog memuat sebuah artikel biasanya berupa opini, review, atau sekadar promosi produk atau jasa yang ditawarkan suatu brand. Atau juga biasanya penulis juga menceritakan pengalaman personal dan membicarakan isu atau trend yang sedang hangat untuk diperbincangkan. Sehingga sifatnya dinamis Website berisi informasi tertentu secara mendetail tentang produk atau jasa maupun profil perusahaan. Karena memang sebuah website biasanya bersifat komersial sehingga Mengulas informasi tentang perusahaan (company profile) dan informasi detail produk/jasa mulai dari deskripsi, gambar, hingga harga.

Update

Sifat blog yang dinamis maka seorang pemilik blog wajib mengikuti tren yang sedang hangat makanya perlu adanya update informasi yang uptodate agar blog makin banyak yang mengunjungi. Sementara website website lebih bersifat statis sehingga kamu tidak harus membuat update konten setiap harinya.

Bahasa

Blog biasanya dikelola oleh penulisnya sendiri. Tujuannya untuk menarik minat pembaca. Karena itu, bahasa yang digunakan harus bisa membuat pelanggan merasa betah dan nyaman. Umumnya bahasa yang digunakan penulis lebih bersifat personal. Sementara website lebih profesional dan bersifat formal untuk mendukung citra perusahaan baik dimata audiens maupun kompetitor yang serupa.

Komunikasi

Komunikasi bersifat dua arah dimana komunikasi yang terjadi pada Blog bersifat interaktif. Pembaca tidak hanya mengkonsumsi informasi secara satu arah, tetapi bisa menanggapi penulis melalui kolom komentar. Pengelola website hanya menyajikan informasi yang ingin mereka sampaikan kepada khalayak. Komunikasi yang terjadi bersifat 1 arah. Namun biasanya menyediakan kolom kontak berupa email, nomor call center, dan live chat. Sehingga bila berinteraksi pelanggan bisa menggunakan tools tersebut.

Lalu apa hubungannya web dengan blog

Seperti dijelaskan diatas bahwa blog merupakan bagian dari sebuah website.  Jadi ketika anda mempunyai sebuah website Anda juga bisa membuat blog yang menjadi bagian dari sebuah website. Apalagi bagi anda yang ingin meningkatkan SEO Website anda. Ada baiknya anda memiliki sebuah blog untuk website Anda, karena Google lebih menyukai website yang selalu update, sedangkan website Anda tidak bisa terlalu banyak update konten karena informasi yang diberikan tidak banyak berubah.

Tambahan informasi jika saat ini hosting yang Anda gunakan lelet, kami memiliki rekomendasi Hosting WordPress Terbaik dari IMSNet.id. Ada beberapa fitur seperti, ultrafast SSD, dukungan Litespeed API, Teknologi keamanan Imunify 360, dan lainnya. Cukup dengan biaya 12.900/bulan saja Anda bisa menikmati semua fitur yang tersebut diatas.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *