Penyebab Error “Upload: Failed to Write File to Disk”

Error - Post it Note image

Apakah Anda melihat ErrorUpload: Failed to Write File to Disk’ saat mengunggah file di WordPress? Biasanya terjadi saat melakukan upload file pada WordPress. Hal ini terjadi karena adanya kesalahan hak akses pada folder website Anda. selain itu error tersebut juga dapat disebabkan karena website Anda sudah melebihi limit yang ditetapkan pada akun hosting yang digunakan.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut kami jelaskan langkah-langkah untuk mengatasi hal tersebut

Ubah Hak Akses Folder Uploads Melalui FTP Client

Berikut ini adalah cara untuk mengubah hak akses folder upload melalui FTP client

  1. Akses file website dengan Filezilla.
  2. Masuk ke dalam instalasi WordPress dengan cara masuk ke folder public_html
  3. Klik kanan pada menu Uploads, lalu klik pilihan File Attributes…
  4. Akan muncul pop up, kemudian isi 755 pada form Numeric value. Centang pilihan Recurse into subdirectories, pilih Apply to directories only, dan klik tombol OK.
  5. Jika belum berhasil, maka silakan ulangi langkah diatas, hanya saja isi Numeric value dengan 644. Jangan lupa centang pilihan Recurse into subdirectories dan pilih bagian Apply to files only. Jika sudah, silakan klik tombol OK.

Ubah Hak Akses Folder Uploads Melalui File Manager

Selain mengubah hak akses folder Uploads melalui FTP client, Anda juga dapat mengubahnya melalui File Manager akun hosting Anda. 

  1. Login ke control panel dari akun hosting Anda.
  2. Pilih menu File Manager.
  3. Pilih public_html. buka folder wp-content > uploads. Klik kanan dan pilih Change Permissions.
  4. Akan muncul menu pop up, kemudian centang seperti gambar di bawah ini. Ubah tanda centang sehingga nilainya menjadi 755, kemudian simpan dengan klik tombol Change Permissions.

Cek Limit Hosting yang Digunakan

Penyebab lain dari error Upload: Failed to Write File to Disk pada WordPress dapat disebabkan website Anda telah melebihi limit yang ditetapkan oleh layanan penyedia hosting. Untuk melakukan pengecekan, dapat langsung ditanyakan ke bagian support layanan penyedia hosting  yang anda gunakan.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *