Mungkin istilah “Brand” Sudah sangat familiar di telinga kita. Ada yang bisa menjelaskan apa itu brand? Yak benar.. mungkin anda berpikir bahwa brand ada lah suatu merek, padahal brand sendiri lebih daripada merek . Brand adalah karakter, kumpulan pengalaman dari apa yang konsumen rasakan dan pikirkan ketika mendengar dan melihat produk Anda. Brand adalah kumpulan atribut fisik, emosi, pemahaman logis, karakteristik, performa, aset, dan janji dari sebuah produk dan jasa.

Kaitanya dengan kata brand branding merupakan  segala usaha untuk menciptakan sebuah brand. Dengan kata lain, proses menentukan misi, visi, serta logo

Branding sangat besar pengaruhnya untuk anda para pengusaha dikarenakan dengan adanya branding produk anda. Produk anda akan mudah terkenal dan dikenali. Dalam jangka panjang, usaha memperkuat merek akan menempatkan bisnis Anda pada posisi yang strategis dalam industrinya. Serta meningkatkan kepercayaan pelanggan pada produk yang anda hasilkan, hasilnya produk anda akan semakin banyak yang merekomndasikan.

Unsur- unsuryang melekat pada branding biasanya berupa:

  1. Nama Merek. Nama adalah hal pertama yang harus dipenuhi jika kita akan melakukan branding.
  2. Logo (logo type, monogram, bendera) …
  3. Tampilan Visual. …
  4. Penggunaan Juru Bicara. …
  5. Suara (lagu tematik) …
  6. Kata-kata (slogan, tagline, jingle, akronim)

Jenis- jenis branding

Product branding: merupakan jenis branding yang paling umum. Hal ini karena produk atau merek yang berhasil adalah produk yang mampu mendorong konsumen untuk memilih produk miliknya di atas produk kompetitor.

Personal branding: merupakan proses mengembangkan dan mempertahankan reputasi dan kesan individu. Jadi bisa dikatakan jika personal branding merupakan cara kamu dalam mempromosikan diri sendiri

Corporate branding: Dari beberapa definisi diatas, dapat disimpulkan bahwa corporate branding merupakan penerapan dari penggunaan nama perusahaan sebagai suatu merek produk, nama perusahaan digunakan sebagai penjamin dari kualitas sebuah produk atau jasa yang ditawarkan oleh suatu organisasi atau perusahaan.

Destination branding: Memiliki tujuan untuk mengenalkan produk atau jasa ketika suatu nama lokasi disebutkan seseorang. Jadi saat seseorang menyebut nama kota misalnya yogyakarta maka orang dapat langsung mengingat gudeg atau bakpia.

Cultural branding: merupakan suatu usaha pemberian identitas atau brand atau merek yang disesuaikan dengan reputasi suatu daerah atau negara tertentu

Seperti yang disebutkan di atas bahwa branding merupakan hal penting bagi perusahaan terlebih di era sekarang. Salah satu alasannya yaitu karena akan ada banyaknya manfaat yang dapat diperoleh perusahaan. 

  1. Memberikan daya tarik bagi konsumen.
  2. Memudahkan perusahaan mendapatkan loyalitas pelanggan terhadap produk atau jasa Anda.
  3. Membuka peluang perusahaan untuk menetapkan harga jual yang tinggi.
  4. Peluang bagi Anda sebagai pelaku usaha untuk melakukan diferensiasi produk
  5. Menjadi pembeda atau ciri tertentu yang membedakan produk perusahaan dengan produk milik kompetitor

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *