SIUP ( Surat Izin Usaha Perdagangan) adalah dokumen resmi yang menjadi dasar legalitas suatu perusahaan dalam menjalankan aktivitas usaha. SIUP adalah Izin Usaha yang dikeluarkan Instansi Pemerintah melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota/Wilayah sesuai domisili perusahaan. SIUP digunakan untuk menjalankan. SIUP adalah surat izin yang diberikan oleh menteri atau pejabat yang ditunjuk kepada pengusaha untuk melaksanakan usaha di bidang perdagangan dan jasa.

Manfaat SIUP.

  1. Legalitas usaha perdagangan. Usaha Anda yang sudah terdaftar SIUP itu berarti usaha Anda sudah terdaftar secara resmi telah diakui keberadaanya oleh pemerintah.  Artinya usaha Anda mempunyai perlindungan hukum. Tak ada pihak yang bisa sembarangan membubarkan atau menertibkan usaha Anda seperti misalnya Satpol PP.
  2. Syarat Memperoleh modal

Ketika  Anda mengajukan pinjaman ke bank untuk modal usaha, maka pihak bank akan memberikan syarat berupa SIUP untuk dipenuhi. Apabila telah memiliki SIUP, maka seorang pengusaha akan dapat dan mudah melakukan pinjaman modal ke bank dan juga koperasi. Dan termasuk juga digunakan saat pengusah tersebut mengikuti lelang atau tender.

  1. Mendukung perdagangan Internasional

SIUP bisa menjadi alat untuk usaha Anda agar bisa diekspor ke luar negeri.Sehingga dagangan anda tidak menutup kemungkinan bisa dijual ke skala internasional.

  1. Kepercayaan dari konsumen

Memiliki SIUP artinya usaha atau bisnis Anda sudah diakui oleh pemerintah dan tidak illegal. Maka dari itu, Anda juga bisa memperoleh kepercayaan langsung dari konsumen.

  1. Bisa sebagai syarat agar dapat mengikuti proses lelang yang diselenggarakan oleh pemerintah Dan termasuk juga digunakan saat pengusaha tersebut mengikuti  tender.

Jenis- jenis SIUP

  1. Surat Izin Usaha Perdagangan MIKRO, yaitu SIUP yang diberikan kepada perusahaan perdagangan mikro, dengan modal dan kekayaan tidak lebih dari Rp. 50 Juta.
  2. Surat izin Usaha Perdagangan KECIL, yaitu SIUP yang harus dimiliki perusahaan perdagangan dengan modal dan kekayaan bersih seluruhnya sebanyak Rp. 50 Juta sampai dengan Rp. 500 Juta, Namun tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha.
  3. Surat Izin Usaha Perdagangan MENENGAH, yakni SIUP yang harus dimiliki perusahaan perdagangan dengan modal dan kekayaan bersih seluruhnya sebanyak Rp. 500 Juta – Rp. 10 Miliar, Dan tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha.
  4. Surat Izin Usaha Perdagangan BESAR, yakni SIUP yang mesti dimiliki perusahaan perdagangan dengan modal dan kekayaan bersih seluruhnya lebih dari RP.10 Miliar, Namun tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha.

Persyaratan Permohonan SIUP

  1. Fotokopi Akta Pendirian (asli diperlihatkan).
  2. Fotokopi Akta Perubahannya & Laporannya, jika ada (asli diperlihatkan).
  3. Fotokopi SK. Menteri Hukum & HAM RI (asli diperlihatkan) atau Bukti PNBP untuk PT-Baru.
  4. Fotokopi Surat Keterangan Domisili perusahaan, (asli diperlihatkan).
  5. Fotokopi SITU-Surat Izin Tempat Usaha (bagi perusahaan yang dipersyaratkan).
  6. Fotokopi Kontrak/Sewa T.Usaha/Surat Keterangan dari pemilik gedung.
  7. Fotokopi NPWP-Nomor Pokok Wajib Pajak (asli diperlihatkan).
  8. Fotokopi KTP Pemegang Saham atau NPWP jika Badan Usaha.
  9. Fotokopi KTP Pengurus Perseroan (Direksi & Komisaris).
  10. Fotokopi KK jika Pimpinan/Penanggung Jawab perusahaan adalah Wanita.
  11. Pas Photo Direktur Utama/Pimpinan Perusahaan (3 x 4) 2 lembar.
  12. Fotokopi Neraca Awal Perusahaan.

SIUP adalah dokumen penting yang harus dimiliki oleh pengusaha atau badan usaha, karena memiliki banyak  keuntungan dan manfaat. Jadi, jika Anda memiliki usaha, maka segera daftarkan ke Kantor Perindustrian dan Perdagangan Tingkat II. Tak lupa juga untuk segera mengamankan nama domain perusahaan anda dengan membeli domain dan hosting di IMSNet.id kami menawarkan harga yang sangat terjangkau bagi perusahaan Anda.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *