Pengertian

Backlink. Bagi anda yang memiliki sebuah website atau blog backlink ini mempunyai peranan yang lumayan penting. Agar semakin banyak orang yang mengunjungi website anda. Lalu bagi anda yang belum paham backlink itu apa berikut kami paparkan penjelasannya untuk kalian. Backlink adalah salah satu kunci kesuksesan dan keberhasilan bisnis online Anda. Penerapan backlink sangatlah sederhana, hanya berupa tautan atau link situs Anda yang berada di situs lain. Maksudnya ialah sebuah website yang meletakkan link website Anda di website mereka.

Menurut Wikipedia, backlink adalah suatu referensi dari website lain terhadap website kita atau sebaliknya. Backlink merupakan salah satu faktor penentu yang dievaluasi algoritma Google tentang seberapa penting halaman website tersebut berada di halaman pertama pencarian. Backlink adalah ketika sebuah website menautkan sebuah hyperlink ke website lain.

Contoh dari backlink adalah misal anda masuk ke suatu website, misal anda mencari tentang cara memelihara tanaman bayam. Kemudian didalam website tersebut menuliskan “ untuk mendapatkan pupuk yang berkualitas dalammerawat bayam anda dapat melihatnya di www.rajapupuk.com” (link www.rajapupuk.com adalah merupakan backlink)

Karena sudah menyebutkan sumber, maka secara tidak langsung blogger yang mengambil gambar buatan anda tersebut telah memberikan Backlink ke website anda.

Backlink Dofollow

hperlnk dengan do-follow dapat memberikan dorongan authority atau otoritas pada situs Anda. Secara singkat, Dofollow adalah backlink yang dapat di klik sehingga mengarah langsung ke situs yang dimaksud Jika kita klik tulisan  tersebut, apa yang akan terjadi? Yang pasti kita akan masuk ke dashboard website Indoworx. Itulah yang dimaksud dengan backlink Dofollow.

Backlink Nofollow

Ini adalah kebalikan dari backlink Dofollow. Apabila Dofollow dapat diklik, maka Nofollow tidak dapat diklik, dalam artian backlink yang satu ini sama dengan tulisan biasa.

Kesimpulannya Backlink dofollow merupakan link aktif dan dapat diklik, sedangkan backlink nofollow merupakan link tidak aktif dan tidak dapat di klik.

Intinya, backlink ke situs Anda adalah sinyal ke mesin pencari yang lain yang memberikan jaminan bahwa konten Anda bagus, relevan, dan juga dapat membantu mereka. Jika banyak situs yang menautkan link ke halaman yang sama, mesin telusur dapat menyimpulkan bahwa konten tersebut layak ditampilkan pada halaman pertama pada keyword yang berhubungan.

Jadi, mendapatkan backlink dapat memberikan efek positif pada posisi peringkat suatu situs website dalam hal visibilitas pencarian

Apa kriteria backlink yang berkualitas?

Pertama, relevan. Backlink diberikan oleh situs dalam niche atau topik yang sama. Misalnya, situs tentang computer sebaiknya mendapatkan link dari situs teknologi.

Kedua, contextual links. Ini adalah link yang berada di dalam konten (artikel). Alasan backlink jenis ini berkualitas adalah karena links yang berada di dalam artikel biasanya related atau relevan dengan isi artikel (topik yang ditulis).

Ketiga, situs dengan authority tinggi. Link yang berasal dari situs – situs yang bisa dipercaya, nilainya jauh lebih baik dari yang tidak jelas

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *