Website builder sangat cocok untuk Anda pengguna akhir atau perorangan, Anda yang bekerja freelance web desain atau bagi Anda yang memiliki perusahaan jasa web desain, pemilik UKM dan start-up, semua pemilik bisnis yang ingin memasarkan produk atau jasanya di internet melalui website company profile yang profesional namun dengan harga yang murah, ini sangat cocok untuk Anda. Tidak jauh berbeda dengan Web Hosting, Website Builder sangat membantu bagi anda yang ingin membangun website sendiri dengan bantuan aplikasi pembuatan website hanya dalam hitungan beberapa menit, tanpa sedikitpun membutuhkan pengetahuan bahasa pemrograman.

Website Builder adalah aplikasi perancang website berbasis internet yang memungkinkan Anda untuk membuat sebuah web profesional. Penggunaan dan manajemen nya pun terbilang cukup mudah karena adanya fitur-fitur seperti menambah, menghapus hingga mengedit konten artikel, gambar, video dan multimedia lainnya.

 Lalu apa kelebihan dan kekurangan website builder jika dibandingkan dengan web hosting

Kelebihan Website Builder :

  • Cocok bagi pemula yang ingin membuat website dengan cepat dan mudah.
  • Tidak Memerlukan Keahlian Bahasa Pemrograman.Anda tidak perlu repot-repot belajar membuat HTML, PHP, JavaScript, CSS dan sejenisnya yang memakan banyak waktu, tenaga, serta trial dan error. Cukup fokus pada pengembangan bisnis Anda dan biarlah semua itu diotomatiskan oleh website builder Anda.
  • Hemat biaya Dengan website builder, Anda dapat menghemat anggaran untuk pengembangan dan pemeliharaan website secara signifikan. Anda bisa memanfaatkan sisa anggaran untuk kebutuhan lain seperti misalnya promosi. Anda juga memiliki sisa waktu yang banyak untuk fokus ke pengembangan bisnis, karena untuk membuat website dengan website builder bisa lebih cepat bahkan hanya dalam beberapa menit website Anda bisa langsung online.
  • Tersedia ratusan template professional siap pakai.
  • Responsive design, tersedia fitur drag & drop
  • Mobile version support.
  • Pengaturan SEO (Search engine optimization)

Kekurangan Website Builder :

  • Termasuk dalam Web Statis ( Tampilan dan isi website yang sifatnya tetap ).
  • Tidak bisa menyimpan database.
  • Tidak ada fasilitas pembuatan email account.
  • Tidak cocok untuk website toko online.

Berikut contoh dari web builder:

1. Wix

Wix merupakan website creator populer berbasis web yang menawarkan berbagai fitur bagus dan lengkap. Kumpulan 500 tema yang elegan akan membantu Anda dalam memilih sesuai dengan kategori situs. Untuk menggunakan Wix, Anda tidak harus menguasai bahasa pemograman, yang harus Anda lalukan hanyalah melakukan drag-and-drop fitur yang diperlukan. Wix dapat Anda gunakan secara gratis, namun jika Anda ingin mendapatkan fitur yang lebih, terdapat beberapa plan yang dapat Anda pilih.

2.Weeby

Weebly adalah salah satu perusahaan besar di dunia yang menyediakan pembuat website yang menawarkan serangkaian fitur mumpuni dan akan membantu Anda dalam mengembangkan website khususnya untuk bisnis online. Weebly juga menyediakan plan gratis yang dapat Anda pilih. Web yang satu ini juga menawarkan ratusan tema web yang dirancang secara profesional, mencakup hampir untuk semua jenis situs.

3.Shopify

Shopify bisa dikatakan sebagai best website untuk website ecommerce (toko online). Sesuai dengan namanya, Anda akan mendapatkan fitur-fitur untuk membangun website belanja daring. Shopify memiliki interface yang intuitif, mudah dikuasai, dan sangat sederhana. Fitur utama Shopify adalah app store di mana melalui fitur ini Anda dapat dengan bebas memilih aplikasi ecommerce, dari mulai aplikasi invoice hingga aplikasi review produk.

4.Jimdo

Jimdo merupakan pembangun situs web yang unik dan ditargetkan sebagian besarnya untuk pengguna pemula. Layanan ini bisa Anda gunakan secara gratis. Jimdo juga memberikan latar belakang pada toko online Anda di Facebook dan media sosial lainnya. Biaya untuk pemutakhirannya juga cukup murah dan bisa Anda lakukan dengan mudah.

5.Squarespace

Squarespace adalah web builder terbaik untuk Anda yang mencari tampilan website yang elegan. Dalam urusan templates dan themes tidak ada yang mampu menandingi Squarespace. Jika Anda sedang membangun website yang menitikberatkan pada kenikmatan visual seperti fotografi dan lain-lain, maka Squarespace sangatlah cocok untuk Anda.

6.SimpleSite

SimpleSite akan membantu Anda dalam mengelola website dengan mudah dan cepat. Hal yang paling menarik dalam menggunakan SimpleSite dibandingkan builder situs web lainnya adalah bahwa Anda memiliki kemampuan terbatas untuk menjual produk menggunakan rancangan gratisnya.

7.Strikingly

Bagi Anda yang ingin membuat website yang sederhana, maka Strikingly adalah pilihan yang tepat. Dengan web builder ini Anda bisa menciptakan situs web satu halaman dengan desain pilihan Anda yang telah dibuat sebelumnya. Tidak seperti banyak pembuat situs web gratis lainnya, Strikingly dapat mengubah template sebanyak yang Anda inginkan setelah situs Anda ditayangkan.

8.Wordpress

Website builder yang satu ini tentu sangat familiar, bukan? WordPress memiliki semua kelebihan pendahulunya yaitu WordPress.org dengan desain yang lebih disederhanakan dari website builder. WordPress.com dibangun khusus untuk blogging sehingga fitur pendukung blog yang luas secara otomatis terintegrasi di dalam builder ini, seperti analitik, search, komentar, kategori tampilan, pengarsipan, dan banyak lagi.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *