Pengertian

Web server adalah sebuah software yang memberikan layanan berbasis data dan berfungsi menerima permintaan dari HTTP atau HTTPS pada klien yang dikenal dan biasanya kita kenal dengan nama web browser (Mozilla Firefox, Google Chrome) dan untuk mengirimkan kembali yang hasilnya dalam bentuk beberapa halaman web dan pada umumnya akan berbentuk dokumen HTML. Alurnya digambarkan User melakukan permintaan melalui browser terhadap server (HTTP Request), Kemudian Server Menerima request dan dan memprosesnya menjadi halaman situs web (HTTP Response).

Semua yang berhubungan dengan website biasanya juga berhubungan dengan web server, karena tugas web server adalah mengatur semua komunikasi yang terjadi antara browser dengan server untuk memproses sebuah website.

Fungsi webserver

Seperti sudah dijelsakan pada pengertian diatas web server berfungsi sebagai komunikasi  penghubung dengan situs web dan memproses HTTP request yang dikirimkan oleh browser, mentransfer seluruh aspek pemberkasan dalam sebuah halaman web termasuk yang di dalam berupa teks, video, gambar. Fungsi web server lainnya yaitu:

  1. Memastikan semua modul yang dibutuhkan  tersedia dan siap digunakan
  2. Membersihkan penyimpanan, cache, dan module yang tidak terpakai
  3. Melakukan pemeriksaan keamanan terhadap HTTP request yang dikirimkan browser 

Jenis web server:

Litespeed. Litespeed adalah sebuah web server yang bisa dikatakan sebagai pusat kontrol website yang  memiliki performa terbaik. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya penyedia web hosting yang menggunakan Litespeed sebagai apps web server mereka. 

Kelebihan:  Fitur anti DdoS, adanya recover kesalahan secara langsung, performa yang baik, kompetibel dengan .htaccses

Nginx. NginX adalah sebuah web server kedua yang paling banyak digunakan saat ini, Nginx atau bisa disebut Engine X banyak digemari karena layanan server yang satu ini cukup stabil dan hemat resource. 

Kelebihan:  peforma tinggi, stabil dan banyak tersedia fitur, ringan

Apache: layanan web server paling populer, Selain fleksibel, Konfigurasi dan pengaturan apache sangat mudah dan simple.

Kelebihan:  open source, mudah konfigurasi, komunitas yang besar.

Demikian artikel tentang pengertian web server fungsi beserta jenisnya. jika ada tambahan atau info yang lebih lengkap Anda bisa tuliskan didalam kolom komentar. 

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *