Definisi  sales dan marketing sering kali mengalami kesalahan konsep dan dianggap sama saja fungsi dan tugas kerjanya. Padahal, ada perbedaan antara sales dan marketing. Perbedaan antara sales dan marketing lebih dari sekadar sematis. Sales dan marketing adalah dua fungsi terpisah yang harus terus diselaraskan dan diintegrasikan untuk memaksimalkan hasil bagi organisasi.

Bahkan terkadang perusahaan pun mencampuradukkan fungsi keduanya. Meskipun sales dan marketing sama-sama merupakan bagian dari strategi perusahaan untuk mencapai target keuntungan, sales dan marketing memiliki fokus yang sama sekali berbeda. Di Artikel ini kita akan membahas perbedaan keduanya.

Pengertian sales

Tugas utama seorang sales adalah menjual dan memastikan produk yang terlihat maupun tidak laku terjual pada konsumennya. Sales juga harus menawarkan produk pada para konsumen. Sehingga nantinya produk terjual ke pelanggan sesuai dengan target yang perusahaan berikan. Seorang sales merupakan ujung tombak penjualan. 

Seorang sales biasanya mendatangi para calon konsumen satu persatu. Seorang sales harus pandai mendekati dan mempengaruhi calon pembelinya agar tertarik dan mau membeli produk yang ditawarkan , 

Pengertian Marketing

Marketing adalah proses mengedukasi masyarakat agar tertarik akan produk yang ditawarkan. Proses pemasaran ini berkaitan erat dengan aktivitas riset pasar, analisis konsumen, dan juga pencarian calon konsumen potensial yang cocok dengan produk yang akan dipasarkan. Marketing adalah proses dimana produk ataupun jasa dikenalkan kepada masyarakat. Tujuannya jelas, agar masyarakat tahu bahwa ada produk yang selama ini mereka butuhkan. Marketing juga bisa diartikan sebagai proses pemasaran barang/jasa. Marketing juga bertugas untuk menyusun strategi penjualan dan meningkatkan jumlah penjualan perusahaan. Hal inilah yang membuat perusahaan mencetak keuntungan dan roda produksi berjalan.

Perbedaan marketing dan sales
  1. Tugas utama. Sales bertugas mendekati pelanggan dan mengubahnya menjadi penjualan. Sedangkan marketing bertugas meliputi segala hal yang membantu meningkatkan ketertarikan masyarakat  pada barang dan jasa yang dijual.
  2. Proses kerja. Sales seorang sales akan mendatangi langsung para calon pembelinya, menghubungi lewat telepon, dan bisa juga bertemu di sebuah acara atau kegiatan. Sedangkan marketing tim marketing menyiapkan strategi dan konsep yang akan membuat customer mencari barang dan produk yang sudah disiapkan tim marketing yang melakukan analisis pasar, termasuk mengidentifikasi kebutuhan konsumen.
  3. Ruang lingkup. Pekerjaan tim sales cenderung bersifat jangka pendek sementara tim marketing cenderung lebih jangka panjang.
  4. Prioritas. Prioritas utama tim marketing adalah membina hubungan baik dan menjangkau konsumen. Tujuannya agar konsumen tersebut bisa jadi pelanggan setia produk yang mereka pasarkan. Sedangkan fungsi dari sales adalah memahami dan mengakomodasi kebutuhan atau keinginan dari konsumen di lapangan.
  5. Tujuan. Tim marketing bertugas untuk memastikan bahwa produk/jasa yang mereka jual menarik, berkualitas dan dibutuhkan oleh calon konsumen. Tim marketing bertugas untuk menyiapkan produk sebelum dijual langsung ke lapangan. Sedangkan sales bertugas untuk menemui konsumen baik via online ataupun face to face. Sales punya tujuan agar calon konsumen yakin dan mau membeli produk yang sudah disiapkan oleh tim marketing.

Sales dapat digunakan untuk mempromosikan kegiatan seperti menjual layanan dan pemasaran barang. Marketing dapat digunakan untuk meningkatkan awareness tentang perusahaan di benak para pengguna. Jadi, keduanya sangat berbeda. Namun kedua hal ini memiliki tujuan yang sama yaitu untuk meningkatkan penjualan dan membuat produk atau layanan Anda terkenal di mata pelanggan.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *