Ketika Anda  mengakses internet, ternyata ada banyak resiko yang sering kita hadapi. Tidak heran, pengguna internet harus waspada akan bahaya akses internet tersebut. Terlebih jika seseorang mengakses internet tanpa menggunakan proxy. Apa itu proxy? Proxy server bertugas untuk menjembatani dan mengendalikan aktivitas dari lalu lintas paket data yang melewatinya. Dengan adanya proxy server, sehingga setiap aplikasi client maupun aplikasi server, seperti FTP, web server, web browser dan semacamnya bisa dimonitor dan juga dikendalikan oleh proxy server.

Proxy server bekerja dengan menjembatani komputer ke Internet. Program Internet seperti browser, download manager dan lain-lain berhubungan dengan proxy server, dan proxy server tersebut yang akan berkomunikasi dengan server lain di Internet. Pada umumnya proxy server digunakan untuk mengamankan jaringan komputer pribadi yang terhubung dengan jaringan publik.

Fungsi Proxy Server

Ada tiga fungsi utama proxy server yaitu:

  • Connection sharing
    berfungsi sebagai gateway yang menjadi batas antara jaringan lokal dan jaringan luar. Sehingga koneksi dari jaringan lokal ke internet akan menggunakan sambungan yang dimiliki oleh gateway secara bersama-sama (connection sharing).
  • Filtering
    Berfungsi sebagai sebagai Firewall (dinding api) paket filtering yang digunakan untuk melindungi jaringan lokal terhadap gangguan atau serangan dari jaringan luar. Sehingga Dapat dikonfigurasi untuk menolak situs web tertentu pada waktu-waktu tertentu.
  • Caching
    Pada Proxy Server memiliki mekanisme penyimpanan obyek-obyek yang sudah diminta dari server-server di internet. Untuk mekanisme caching akan menyimpan objek-obyek yang merupakan permintaan dari para pengguna yang diperoleh dari internet.
Manfaat Penggunaan Proxy
  1. Meningkatkan Kinerja Internet. Manfaat lainnya dari proxy ialah Proxy bisa melakukan cache. Sehingga, saat Anda meminta data dari website yang pernah Anda kunjungi sebelumnya, Sehingga mereka hanya mengambil dari simpanan mereka saja. Hal ini akan membuat akses internet menjadi lebih cepat.
  2. Keamanan yang terjaga. Karena  beberapa proxy akan mengubah alamat IP dan data informasi pribadi lainnya. Hal Ini akan membuat server akan menerima alamat baru yang diakses lewat IP. Sehingga data anda aman dan tidak mudah untuk dicuri.
  3. Mengontrol Penggunaan Internet Dengan menggunakan proxy, para orang tua akan lebih mudah mengontrol anaknya  ketika sedang menggunakan internet. Biasanya, pada perusahaan – perusahaan juga menggunakan proxy agar para karyawannya tidak membuka situs website yang dapat mengganggu produktivitas karyawan.
  4. Selain itu proxy juga akan  Menghemat Bandwidth
Jenis jenis Proxy Server
  1. Anonymous Proxy (Proksi Anonim). Ketika pengguna melakukan request pada sebuah website, maka website itu tidak akan mengetahui alamat IP pribadi si pengguna, tapi hanya mengetahui IP proxy nya saja.
  2. High Anonymity Proxy. High Anonymity Proxy adalah jenis proxy yang tidak mengidentifikasikan dirinya sebagai proxy server dan tidak menyediakan alamat IP original
  3. Transparent Proxy (Proksi Transparan)
  4. Reverse Proxy

Terdapat banyak manfaat dari proxy yaitu Mengontrol Penggunaan Internet, keberadaan proxy juga bermanfaat perusahaan misalnya Anda dapat memantau pekerjaan karyawan. Selain itu Anda bisa memanfaatkan layanan ini tidak hanya dikantor saja. Bahkan dirumah pun untuk mengawasi adik atau anak anda, anda bisa mengaktifkan layanan proxy ini untuk memonitor keluarga anda. Terus kunjungi dan baca blog dari IMSNet.id untuk mendapatkan materi terlengkap tentang sosial media, hosting, bisnis online, digital marketing, web development, domain, serta topik terpopuler lainnya.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *