Pada artikel ini kita akan membahas mengenai FTP, mengenai pengertian, fungsi,  serta contoh FTP. Saat ini penggunaan FTP dipakai untuk melakukan pertukaran data, pada umumnya banyak orang yang mengaku lebih mudah menggunakan FTP ketimbang menggunakan perangkat kabel atau fisik.

Pengertian FTP

FTP (File Transfer Protocol) adalah internet service yang dirancang untuk membuat sambungan ke server internet tertentu atau komputer, sehingga user dapat mengirimkan file ke komputer (download) atau mengirimkan file ke server (upload). FTP sendiri merupakan salah satu layanan yang disediakan untuk berbagi file dalam suatu jaringan atau network. FTP dibuat dengan tujuan agar pengguna dapat memindahkan file dari satu tempat ke tempat yang lainnya.

Fungsi FTP  Server 
  1. Transfer data yang lebih efisien Sebab jika ingin mengirim file atau data, pengguna komputer tidak perlu melewati berbagai langkah yang rumit.
  2. Pertukaran file yang aman  Dengan adanya layanan FTP ini, pengguna website bisa melakukan pencadangan data web mereka dengan cara yang mudah.
  3. Fasilitas pengiriman data dua arah

FTP memiliki beberapa fungsi yang diandalkan banyak orang, salah satunya dipakai untuk mengunggah halaman web atau website ke dalam internet, berikut ini beberapa kegunaan dari FTP.

  • Melakukan proses upload halaman website ke internet melalui web server atau web hosting.
  • Mampu digunakan untuk mengirim file dengan ukuran besar, jika terlalu besar dapat dibagi menjadi dua partisi untuk lampiran di email.
  • Melakukan pengunduhan dan upload konten, misalnya seperti tugas kantor dan kuliah ke server FTP.
  • Melakukan pendistribusian revisi program, biasanya dilakukan oleh pengembang perangkat lunak.
  • Mampu digunakan untuk menjelajah dan mengunduh file dari sebuah situs.
Metode Pengiriman Data FTP
  1. Metode compressed, data yang dikirim bisa dikompres terlebih dahulu dengan algoritma seperti Run-length encoding
  2. Metode stream, data yang dikirim akan otomatis dikirim berkelanjutan dan terus menerus. Dalam metode stream, seluruh proses akan dilakukan oleh TCP sehingga FTP tidak melakukan apapun. 
  3. Metode block data yang dikirim dibagi dalam sejumlah kelompok yaitu block count, block header, dan block data field. Setelah data tersebut terbagi ke beberapa kelompok, barulah kemudian data tersebut dikirim melalui TCP.
Kelebihan dan kekurangan FTP

Kelebihan: keamanan, verifikasi mudah, File yang dikirimkan melalui FTP juga tidak bisa begitu saja dihapus dari komputer atau perangkat lain yang mengaksesnya.

Kekurangan: desain FTP tidak terlalu kuat,  sehingga para administrator tidak bisa mendapatkan informasi terkait dengan masalah yang dihadapi oleh klien

metode yang dipakai FTP adalah metode autentikasi standar sehingga diperlukan username dan password untuk bisa mengakses data-data yang tersedia di FTP server. Artinya, hanya pengguna yang terdaftar saja yang bisa mengakses seluruh direktori beserta file yang ada di FTP server. Secara umum, cara kerja FTP diawali dengan FTP client meminta koneksi pada server. Jika keduanya telah terhubung maka FTP client sudah dapat melakukan pertukaran data seperti download dan upload.

Jadi, disimpulkan bahwa FTP merupakan suatu protokol yang dipakai untuk keperluan transfer atau tukar-menukar data antara satu komputer dengan komputer lainnya, seperti upload dan download dengan mudah.

Untuk urusan pembuatan website maka Anda dapat mempercayakannya pada IMSNet.id. melalui IMSNet.id Anda akan mendapatkan website pilihan Anda

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *