Email adalah singkatan dari Elektronik Mail atau dalam bahasa Indonesia disebut Surat Elektronik merupakan sarana dalam mengirim surat yang dilakukan melalui media internet dengan format digital. Media internet ini bisa berupa komputer maupun smartphone yang mempunyai akses internet.

Jika sebelumya mengirim surat dilakukan dengan cara menulis surat dengan kertas dan tinta lalu menggunakan jasa pos untuk mengirimkannya dan pastinya memerlukan jangka waktu yang lumayan lama tergantung jarak tempat pengirim dan penerima surat.

Sekarang dengan email anda tidak perlu lagi melakukanya. Cukup denga komputer atau semartphone yang terhubung ke internet anda sudah bisa mengirim surat. Dan dapat dikirim dengan hitungan detik

Fungsi dan manfaat email

  • Mengirim dan menerima pesan

Seperti yang kita ketahui sebelumnya email adalah surat elektronik. Pesan tersebut dapat terkirim ke tujuan dalam waktu yang sangat cepat, bahkan dalam hitungan detik saja. Namun, tentu saja kecepatan tersebut dipengaruhi oleh kecepatan internet, baik si pengirim atau si penerima email.

  • Mengirim dan menerima file

Selain mengirim pesan, email juga dapat digunakan untuk mengirimkan berbagai macam jenis file dan dokumen digital dengan ukuran tertentu, baik dalam bentuk foto, audio, video, teks, dan lain-lain. File tersebut biasanya ditambahkan dalam lampiran (attachment).

  • Sebagai identitas diri

Email juga berfungsi sebagai identitas diri di internet dimana orang lain dapat menghubungi pengguna email melalui alamat email miliknya.

Dalam berbagai aspek, penggunaan email bagi seseorang sudah menjadi kewajiban. Email seringkali menjadi syarat mutlak untuk proses aktivasi berbagai layanan digital, misalnya untuk aktivasi smartphone, untuk aktivasi layanan berlangganan surat, dan lain-lain.

  • Email Untuk Mendaftar di Berbagai Situs

Sebagaian besar layanan website kini menggunakan email untuk dapat melakukan aktifitas di website tersebut. Misalnya situs media sosial, situs e-commerce, situs forum, game online dan berbagai macam layanan yang lain yang mengharuskan penggunanya untuk mendaftarkan email yang dimilikinya. Hal itu dikarenakan beberapa layanan website tersebut memerlukan verifikasi dari penggunanya, dan ini hanya dapat dilakukan apabila pengguna mempunyai alamat email yang valid.

  • Email untuk Media Pemasaran

Pemasaran lewat email merupakan salah satu bentuk pemasaran online yang tergolong cara lama. Namun sampai sekarang ini email marketing masih bisa dibilang efektif. sebagian besar pebisnis online melakukan pemasaran melalui email untuk meningkatkan penjualan.

Cara Kerja Email

  1. Yang pertama pemilik email harus membuka emailnya terlebih dahulu dan kemudian menulis isi pesan yang akan dikirimnya.
  2. Setelah itu, pengguna email memberikan sebuah instruksi pada aplikasi email untuk mengirim pesan kepada alamat email yang akan dikirimi pesan.
  3. Selanjutnya email server akan melakukan identifikasi alamat email tujuan, kemudian mengirimkan pesan tersebut ke email server lain yang lokasinya berada dekat dengan

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *