Technology concept with cyber security internet and networking, Businessman hand working on laptop, screen padlock icon on digital display.

Pernahkan berfikir Apa yang akan terjadi jika website atau blog Anda tidak muncul di hasil pencarian Google? Kejadian itu sering terjadi kasusnya,dan sering disebut dengan deindex,

Deindex Google adalah kondisi di mana website sudah tidak masuk ke dalam index Google sehingga website tidak akan muncul di pencarian Google sama sekali. sehingga halaman konten tidak bisa muncul atau ditemukan oleh mesin pencari, walaupun Anda sudah mencoba mencari berkali-kali dengan cara apapun dan dengan kata kunci manapun, website yang terkena dampak deindex google tidak bisa muncul di hasil pencarian.

Deindex Google dapat disebabkan oleh berbagai hal. Biasanya website atau blog melakukan pelanggaran terhadap guideline yang ditetapkan Google, dari rendahnya kualitas konten website.

Penyebab Website Terkena Deindex Google

Duplikat Konten

Terdapat dua jenis duplikat konten yang bisa membuat website berpotensi terkena deindex google., yaitu duplikat konten dari website lain dan duplikat dari website sendiri. Duplikat website orang lain dimana anda menyalin keseluruhan konten dari sebuah website lalu menerbitkannya di websitenya sendiri. Sedangkan duplikat dari website sendiri adalah ketika Anda membuat beberapa halaman di website dengan konten yang sama persis

Konten yang terlalu sedikit

karena Google selalu ingin memberikan pelayanan yang penuh kepada pengunjungnya maka website yang kontennya terlalu sedikit kemungkinan besar websitenya akan terkena Deindex Google

Keyword Stuffing

Google akan mengecek apakah sebuah konten dijejali keyword secara wajar atau tidak. Konten yang dijejali keyword dengan tidak wajar akan mendapatkan nilai tidak baik di Google, bahkan kemungkinan terburuknya adalah terkena deindex.

Link yang tidak natural

link building yang dibuat secara sembarangan justru mampu menimbulkan efek bumerang yang bisa menyeret website terkena deindex Google

Salah Mengatur Visibilitas Mesin Pencari

Hal ini biasanya dialami oleh para blogger pemula atau web developer yang suka mengotak-atik konten website tapi lupa mematikan tanda check list yang menghalau web crawler.

Mengandung Malware

Malware bisa masuk ke dalam website akibat dari penggunaan template dan plugin bajakan yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Domain Kadaluarsa

Apabila domain Anda sudah kedaluwarsa dan Anda tidak melakukan pembaruan, secara otomatis domain Anda akan terhapus dari indeks Google.

Perubahan algoritma google

Perubahan algoritma Google juga bisa menyebabkan website Anda terkena deindex. Anda bisa terkena deindex jika melanggar algoritma terbaru dari Google.

Cara mencegah dan mengatasi Deindex

  1. Melakukan Redirect Konten Duplikat
  2. Tidak menggunakan plugin dan template blog bajakan
  3. Update informasi terkait perkembangan algoritma terbaru Google
  4. Melindungi Hak Cipta Artikel via DMCA
  5. Menggunakan hosting yang bisa diandalkan
  6. Rutin melakukan scanning seluruh halaman website menggunakan Google Search Console
  7. Disavow link berbahaya
  8. Manfaatkan LSI (Latent Semantic Indexing) agar tidak terdeteksi keywords stuffing

Uraian diatas merupakan uraian yang membahas mengenai deindex, baik dari segi pengertian, penyebab deindex, dan cara pencegahannya. Ingin mengetahui banyak hal lagi mengenai problem solving, teknologi, domain dan hosting, marketing dll. Kunjungi selalu blog. Selain itu IMSNet.id juga menyediakan paket hosting dan domain murah hanya untuk Anda.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *