Tentu dimasa yang semakin modern ini tentu anda pernah melakukan transaksi belanja online. Dengan sistem online saat ini akan mempermudah segala transaksi yang ada. Hal itu menjadikan munculnya berbagai jenis bisnis online yang bisa dibilang mudah untuk dijalankan tanpa memerlukan modal yang cukup besar untuk memulai bisnis tersebut. Kemudahan dalam pembayaran pun wajib dipertimbangakan, salah satunya dibantu dengan kehadiran Payment gateway, Payment gateway  hadir untuk membantu masyarakat yang mulai gemar berbelanja atau melakukan transaksi digital. 

Payment gateway dijalankan serba otomatis dan memudahkan proses transaksi. Semua transaksi keuangan diproses secara aman dan real time. Payment Gateway merupakan suatu aplikasi yang melayani e-commerce dengan cara kerjanya memproses suatu otorisasi pembayaran seperti kartu debit, transaksi online yang memerlukan pembayaran, dan kartu kredit. Aplikasi payment gateway ini memberikan fasilitas transaksi dengan mengirim informasi yang penting antara bank dan toko online.

Manfaat Payment Gateway

Dengan hadirnya Payment Gateway akan melahirkan keuntungan. Kelebihan yang terdapat pada sistem pembayaran ini terbagi menjadi dua keuntungan baik dari sisi  penjual maupun sisi pembeli, berikut adalah rinciannya

Dari sisi Penjual

  1. lebih mudah dalam mengecek dan memeriksa pembayaran yang masuk baik dengan kartu kredit maupun debit.
  2. Dengan metode payment gateway ini proses transaksi bisa dilakukan dengan cepat sekaligus dilakukan secara massal.
  3. Payment gateway ini dapat dikatakan sangat user-friendly
  4. Menghindari tindakan kejahatan dan penipuan dari pelanggan payment gateway sebenarnya sudah punya teknologi canggih bernama fraud detection yang punya fungsi bagus untuk mencegah kalau terjadi kecurangan pada saat melakukan pembayaran di online shop atau website.

Dari sisi Pembeli

  • Sangat mudah melakukan transaksi, sederhana caranya sekaligus aman untuk kegiatan berbelanja online yang dilakukan.
  • Ketika menggunakan payment gateway, pembeli dapat membayar dengan mudah dan melihat rincian transaksi yang telah dirangkum di halaman proses transaksi..
Standar Keamanan Payment Gateway
  • Address Verification System (AVS). Melalui tools ini, setiap tagihan akan diperiksa dan disesuaikan dengan alamat kartu yang sudah terdaftar
  • Card Security Code (CV2) . Setiap proses transaksi atau pembayaran yang dilakukan oleh pelanggan/ customer.  Setiap kali akan melakukan pembayaran, customer akan diminta untuk memasukkan 3 digit terakhir kartu kredit atau kartu debitnya.
  • 3D Secure Password. Tool ini digunakan sebagai alat yang berguna untuk mengotorisasi pembayaran atau transaksi online yang dijalankan.
Cara kerja Payment Gateway
  1. Calon customer toko online mengunjungi website, melihat produk dan sampai customer memutuskan untuk membelinya menurut info yang disampaikan oleh koneksi sumber dari payment gateway.
  2. Kemudian payment gateway akan lanjutkan info itu ke payment processor dari bank Anda.
  3. Payment processor melanjutkan lagi info transaksinya ke asosiasi penerbit kartu yang dipakai Misalkan Visa.
  4. Tahap berikutnya, bank terkait akan mendapat permintaan itu dan mengirimkan balasannya ke processor dengan menggunakan kode khusus sekaligus memberikan konfirmasi apakah transaksi itu dinyatakan berhasil atau gagal.
  5. Cara kerja yang terakhir yaitu payment gateway menerima pesan yang dikirim oleh payment processor. Pada proses ini, payment processor mengirim pesan ke payment gateway yang kemudian dilanjutkan ke situs atau website sampai transaksi telah dinyatakan berhasil.
Contoh Payment Gateway

DOKU Payment Gateway

Doku sendiri sudah menjalin kerja sama dengan banyak sekali platform bisnis di indonesia. Bahkan hingga mencapai angka lebih dari 800 platform banyaknya. Apa saja contohnya? Garuda indonesia, Bank of South Pacific, UNICEF, WWF, AirAsia, Java Jazz Production dan RajaKarcis.

IPaymu

IPaymu merupakan salah satu penyedia jasa transaksi keuangan online ketika ingin membayar produk yang dibeli bahkan untuk untuk memberikan sumbangan, mentransfer uang, berlangganan, dan melakukan penarikan uang.

EsPay

Espay merupakan satu-satunya sistem payment gateway dengan konsep B2C2B (business-to-consumer-to-business) di Indonesia.

Mari kunjungi terus blog IMSNet.id untuk mendapatkan materi terlengkap tentang sosial media, hosting, bisnis online, digital marketing, web development, domain, serta topik terpopuler lainnya.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *