Jika anda seorang programer tentu penggunaan database sudah tidak asing lagi dalam dunia anda. Mungkin anda mengenal sistem manajemen database MySQL dan MySQLi. Keduanya merupakan jenis ekstensi yang dipakai untuk menghubungkan aplikasi dengan database MySQL Server. Namun keduanya memiliki ciri khas dan fungsi yang berbeda

MySQL adalah sistem manajemen basis data yang masing-masing fungsinya menggunakan perintah dasar SQL atau Structured Query Language. SQL sendiri berfungsi sebagai bahasa penghubung antara aplikasi dengan server basis data. MySQL adalah database server yang gratis dengan lisensi GNU General Public License (GPL) sehingga dapat Anda pakai untuk keperluan pribadi atau komersil tanpa harus membayar lisensi yang ada.

Mysqli merupakan kependekan dari MySQL Improved Extension. Seperti yang terlihat dari namanya, extension ini merupakan versi perbaikan dan penambahan dari extension mysql sebelumnya yang umum digunakan. Extension mysqli dibuat untuk mendukung fitur-fitur terbaru dari MySQL Server versi 4.1 keatas.

Fungsi dari MySQLi ini antara lain:
  1. Melakukan operasi debugging 
  2. Mengembalikan ID utas untuk koneksi saat ini 
  3. Mentransfer hasilnya yang sudah ditetapkan dari kueri terakhir 
  4. Membuat koneksi yang aman dengan menggunakan SSL 
  5. Menjalankan query SQL
  6. Bisa mengubah koneksi pada database sesuai keinginan 
  7. Mengembalikan pengaturan karakter yang sebelumnya dibuka 
  8. Melakukan transaksi saat ini dengan bantuan dari API 
  9. Membuat koneksi khusus ke server MySQL 
Perbedaan MySQL dan MySQLi

Secara garis besar, tidak ada perbedaan mencolok antara mysql extension dengan mysqli extension. Nama-nama fungsi di dalam mysqli sebagian besar mirip dengan apa yang telah kita pelajari (extension mysql).

  1. DBMS. MySQL menggunakan fitur DBMS karena sifatnya yang lengkap. Sedangkan MySQLi tidak karena ekstensi ke antarmuka sudah disediakan oleh MySQL.
  2. Antar Muka. MySQL memiliki pendekatan secara khusus. Objek pada hasil kueri juga dihitung sebagai bagian dari prosedur. MySQLi memiliki pendekatan ganda baik secara objek ataupun yang berorientasi pada procedural.
  3. Bahasa pemrograman. MySQLi seringkali menggunakan bahasa scripting PHP. MySQL mendukung berbagai bahasa pemrograman Misalnya C, C++, Python
  4. Tingkat keamanan. Dibandingkan MySQLi, keamanan MySQL lebih rawan.
  5. MySQL memiliki pendekatan secara khusus. Objek pada hasil kueri juga dihitung sebagai bagian dari prosedur. Sedangkan MySQLi memiliki pendekatan ganda baik secara objek ataupun yang berorientasi pada procedural. 

Secara umum, fungsi dari MySQL extension maupun MySQLi extension sama. Keduanya merupakan alat tambahan yang dipakai untuk menghubungkan aplikasi dengan database MySQL Server. Namun, MySQL dan MySQLi mempunyai perbedaan yang cukup signifikan sehingga Anda perlu berhati-hati ketika memutuskan akan menggunakan salah satunya. Terlepas dari itu, jika saat ini Anda sedang mencari server berkualitas untuk mengakomodir kebutuhan website, jangan ragu untuk memilih IMSNet.id yang menyajikan beragam paket web hosting berkualitas dengan performa handal.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *