Apa yang akan muncul didalam pikiran kalian jika mendengar kata ”website”. Sepintas pasti yang terpikir adalah huruf “www” yang kita ketik ketika mencari sesuatu di browser”. Nah kali ini akan dijelaskan secara terperici dan mudah dipahami apa itu web

Pengertian

Website adalah kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi teks, gambar diam atau gerak, animasi, suara, dan atau gabungan dari semuanya memiliki konsep yang sangat luas dan beragam sesuai dengan tujuan pembuatannya, yang dapat diakses dengan bantuan perangkat aplikasi browser secara online.

 Sejarah

Penemu website adalah Sir Timothy John Tim Berners-Lee, lahir di London, Inggris, 8 Juni. Ia merupakan lulusan Universitas Queen di Oxford University, Inggris, 1976. Ia juga merupakan ketua World Wide Web Consortium, yang mengatur perkembangannya. dan website yang bisa terhubung dengan jaringan pertamakali dalam sejarah muncul pada tahun 1991. Tujuan tim ini mendirikan jaringan website adalah untuk memudahkan penukaran informasi dan memperbaharui info-info kepada para peneliti di tempat bekerjanya.Pada tanggal 30 April 1993, menginformasikan bahwa World Wide Web dapat digunakan secara gratisan oleh semua orang di seluruh dunia.Halaman web ini bisa diakses melalui perangkat komputer/laptop, PPDA, telepon seluler yang terhubung dengan internet.

Macam- macam website

Macam macam website terdiri dari banyak macam, ada yang berdasarkan sifat, platform, dan fungsi,

Website berdasar sifat:

  • Web statis, adalah website yang memiliki halaman tidak berubah-ubah, karena pergantian halaman dilakukan secara manual dengan mengedit kode sebagai struktur dari web.
  • Web dinamis, yaitu website yang selalu berubah sehingga harus dilakukan update sesering mungkin. Misalnya web portal berita atau situs portal polling.
  • Web interaktif, merupakan website yang saat ini sedang booming di kalangan pengguna internet. Contohnya: blog dan forum.

Website berdasar platform

Cms

CMS merupakan perangkat lunak atau sistem yang digunakan untuk membuat dan mengatur konten dari website secara digital. Kamu dapat membuat website dengan cepat dan mudah menggunakan CMS. Ada beberapa CMS yang paling banyak digunakan untuk membangun sebuah website beberapa diantaranya adalah WordPress, Joomla!, Drupal dan CMS lainnya.

Website builder

Website builder adalah platform yang membantu Kamu untuk membuat website dengan cepat, tanpa harus memahami coding atau kemampuan desain sama sekali. Website builder sangat cocok bagi Kamu yang ingin membuat website dalam waktu singkat, tidak mempunyai kemampuan teknis dan tidak memiliki waktu untuk mempelajarinya. Kelebihan dari website builder adalah pengguna bisa mendapatkan paket lengkap untuk membuat website, dari hosting, domain, hingga pilihan template. Pengguna hanya perlu mengganti konten sesuai yang diinginkan dan bisa dibantu oleh support dari penyedia website builder.

Html & css          

Html dan css adalah cara pembuatan website yang harus mempunyai keahlian koding. Anda membutuhkan keahlian khusus dalam menggunakan bahasa pemrograman ini. anda bisa menggunakan Sublime Text, Text Wrangler dan Notepad++ untuk membuat sebuah code website

Website Brdasarkan fungsi:

  • Website pribadi atau blog
  • e-comerce
  • Company Profile
  • Conten Marketing
  • Instansi Pemerintah
  • Entertaiment
  • Website Berita
  • Website Komunitas
  • Social Media

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *