Mengenal control panel plesk

Apa yang anda pikirkan jika di sebut kata control panel? Control panel berfungsi untuk mengontrol dan melakukan proses pengeditan dalam website sesuai dengan yang  dibutuhkan.  Merupakan control panel web hosting yang memberikan tampilan grafis dan peralatan otomasi yang dibuat untuk memudahkan proses hosting di sebuah situs web.

Nah salah satu contoh dari control panel yaitu plesk. Mungkin terdengar familiar di telinga anda karena di indonesia penggunaan control panel biasanya menggunakan cPanel dan plesk  Cara kerja plesk hampir sama dengan cPanel.  Namun plesk ini sudah mempunyai beberapa tools didalamnya yang lebih lengkap dari pada cpanel.

Plesk merupakan Control panel yang tersedia untuk Windows dan Linux. Panel ini termasuk panel yang populer bagi penyedia hosting Eropa. Jika anda pengguna windows, Plesk merupakan pilihan yang tepat. Karena Plesk dapat dianggap sebagai salah satu panel paling nyaman dan mudah digunakan oleh pemula khususnya untuk OS windows ini.
Keunggulan lain dari Plesk adalah tingkatan loginnya. Ada 4 tingkatan login di Plesk. Bahkan semuanya memiliki permission dan tanggung jawab yang berbeda:

  • Ready-to-code Environment
    Control Panel Plesk menyediakan environment yang siap digunakan (ready-to-code), yang membantu menghemat waktu dan memperbaiki workflow agar kerja lebih efektif dan efisien.
  • Plesk Control Panel
    Control Panel Plesk dibuat lebih mudah digunakan serta user-friendly dengan berbagai fitur dan tools yang disediakan untuk mempermudah Anda dalam mengembangkan website.
  • Full Fledged Development Environment
    Mendukung berbagai bahasa pemrograman termasuk berbagai versi PHP, Perl, CGI-BIN, Java, Tomcat, Ruby, Python, .NET dan banyak lagi untuk kebutuhan pengembangan website Anda.
  • Open & Flexible third party interface
    Control Panel Plesk menyediakan integrasi yang mudah dan dapat diintegrasikan dengan berbagai XML RPC API, CLI API, WHMCS, Ubersmith, marketing dan tool SEO sesuai kebutuhan.
  • Rock Solid Server Security
    Anda dapat melakukan install semua kebutuhan keamanan yang dibutuhkan yang siap untuk dipasang dan digunakan dengan hanya sekali klik tanpa khawatir konfigurasi yang rumit.
  • Database Option & Management
    Mendukung sebagian besar aplikasi database (seperti MySQL, MariaDB, PostgresQL, MSSQL) dan mendukung operasional seperti backup, restore, fungsi-fungsi import/export.
  • WordPress Optimize
    Kami membuat WordPress Anda lebih cepat, aman, up to date, dan mudah. Manajemen WordPress terpusat, core auto-update, security scan, plugin & theme management, dll.
  • Kemudahan Migrasi
    Sama halnya dengan control panel lainnya, Control Panel Plesk didukung dengan kemudahan migrasi baik itu dari control panel yang sama atau berbeda. Proses lebih cepat dan Aman

Uraian di atas merupakan beberapa pengertian dan manfaat dari penggunaan control panel plesk. Semoga dapat membantu ada dalam mempertimbangkan pemilihan control panel yang akan digunakan. 

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *