Di Artikel ini kita akan membahas mengenai Nameserver, tentu bagi anda yang sudah bergelut di dunia IT tentu tidak asing lagi dengan nameserver. Bagi anda yang masih belum familiar tentang nameserver semoga artikel ini membantu.

Pengertian dan fungsi Nameserver

Nameserver adalah nama dari sebuah web server yang digunakan untuk mengarahkan domain ke server tertentu dan biasanya ditulis dengan format ns1. nameserver dan lain-lain. Penamaan tersebut berbeda-beda setiap layanan dan tergantung dengan konfigurasi yang dilakukan. Setiap kita melakukan penyewaan hosting, biasanya kita sudah otomatis akan mendapatkan name server tersebut dari setiap provider hosting.

Fungsi nameserver

Fungsi nameserver  untuk mengidentifikasi komputer user sebagai suatu titik di dalam jaringan, yang sudah terhubung. Setiap komputer yang sudah terhubung ke dalam jaringan, terutama jaringan internet juga akan memiliki sebuah alamat tersendiri, yaitu alamat IP. sebagai alat untuk melihat dan mencari data-data yang terdapat dalam cache. Sehingga ketika pengguna komputer ingin membuka situs atau website yang sebelumnya pernah diakses, menjadi lebih mudah dilakukan dengan cara mencari data-datanya di cache. Dengan metode seperti ini, beban kerja dari DNS jadi lebih ringan dan tidak membebani kinerja komputer. Prosesnya juga lebih cepat karena semua data yang dibutuhkan sudah tersedia. Hal ini sangat berbeda dibanding dengan pencarian informasi alamat situs melalui host dan domain karena prosesnya lebih lama.

Mengenal seputar apa itu namesever memang penting dilakukan, tapi bukan menjadi suatu keharusan bagi blogger maupun web developer di era sekarang. Apalagi bagi Anda yang berencana menggunakan layanan hosting Indonesia dari IMSNet.id. Pasalnya, Anda bisa meminta bantuan kepada layanan Customer service maupun Technical support untuk membantu proses pointing nameserver yang benar.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *