Anda tentu tidak mau jika komputer anda rusak jika terserang malware. Apa sih itu malware ?? Pada artikel ini kami akan membahas mengenai apa itu malware, yang berhubungan dengan situs web. Malware merupakan sesuatu yang harus diwaspadai bagi pengguna yang aktifitas sehari-harinya tidak terlepas dari komputer atau jaringan internet. Software yang dikenal sebagai sesuatu yang membahayakan bagi pengguna komputer.

Pengertian malware.

Malicious Software atau yang biasa Kita kenal dengan Malware merupakan suatu perangkat lunak yang dirancang dengan memiliki tujuan untuk merusak sistem pada jaringan komputer ataupun server tanpa diketahui oleh penggunanya.  Tidak sembarang orang yang bisa membuat malware karena biasanya mereka adalah orang-orang yang sudah paham mengenai cara membuat perangkat lunak dan sistem keamanan pada perangkat lunak. Malware ini biasanya disusupkan ke dalam jaringan internet

Istilah malware diambil dari gabungan potongan dua kata yaitu malicious “berniat jahat” dan software “perangkat lunak”. Tujuannya tentu untuk merusak atau mencuri data dari perangkat yang dimasuki. Malware juga bisa menyebabkan kerusakan pada sistem komputer. Hal yang pada umumnya terjadi penyebab malware adalah mendownload software dari tempat ilegal yang disisipkan malware

Bagaimana malware bisa memasuki website?
  1. Pugin.  Kini semakin banyak plugin plugin yang bermunculan dan ditawarkan untuk memaksimalkan kinerja suatu web, selain itu plugin juga menyediakan tema-tema yang menarik. Namun perlu diwaspadai saat menggunakan plugin, apalagi menggunakan plugin bajakan. Bisa jadi plugin tersebut sudah disusupi kode program yang dapat merusak situs web yang Anda miliki.
  2. Tema. kebanyakan malware banyak tersebar melalui tema bajakan. Tawaran tema yang menarik tetapi murah bahkan gratis menjadikan banyak orang tidak berhati-hati dalam memilih tema.
  3. Perangkat Desktop. Saat menggunakan perangkat desktop dan ingin menginstal perangkat lunak Anda perlu berhati-hati dalam mengeksekusi kode programnya. Bisa jadi aplikasi yang Anda unduh merupakan aplikasi yang sudah disusupi malware di dalamnya. Ketika dieksekusi maka malware otomatis akan menyebar di dalam sistem.
Mengatasi Website yang terkena malware.

Anda dapat menggunakan cara menghilangkan malware di WordPress dengan menggunakan Wordfence. Wordfence merupakan plugin yang terdapat di WordPress yang digunakan untuk melakukan pemindaian virus dan membersihkannya. Ini termasuk layanan anti virus enterprise yang dapat Anda gunakan secara gratis. Anda dapat menggunakan wordfence untuk membantu melakukan scanning pada website yang nantinya akan menemukan file yang berbahaya. Selain itu juga dapat mengganti file yang sudah rusak tersebut dengan file baru yang bersih. 

Jenis-jenis malware
  1. Virus. Adalah perangkat lunak yang menyebar di dalam sebuah sistem dan mengganggu penggunaannya. Virus tidak ditujukan untuk mencuri data atau menganalisa penggunaan data. Virus komputer dapat merusak atau menghapus data di sebuah komputer, menggunakan program email untuk menyebarkan virus ke komputer lain, atau bahkan menghapus apa pun yang ada di dalam hard disk. Pada intinya, virus tidak lain hanyalah kode atau program menular yang menempel pada software lain dan biasanya memerlukan interaksi manusia untuk diperbanyak.
  2. Worms. Worm adalah sebuah program yang memiliki kemampuan dalam mereplikasi diri sebanyak mungkin. Tujuannya adalah untuk mentransfer dirinya ke komputer lain dan memperlambat sistem komputer yang anda miliki di dalamnya. Mereka biasanya menargetkan file sistem operasi dan bekerja sampai drive mereka menjadi kosong. Yang membedakan worms dari virus adalah cara kerjanya. Virus memasukkan diri mereka ke dalam file yang sudah ada sementara worms hanya masuk ke dalam komputernya.
  3. Trojan. Trojan adalah sebuah perangkat lunak berbahaya yang dapat merusak sebuah sistem, perangkat, atau jaringan. Tujuannya adalah untuk memperoleh informasi penting yang tercantum di dalam log komputer. Informasi ini dapat berupa password, transaksi, dan lain sebagainya.
  4. Ransomware. adalah jenis malware tertentu yang menuntut tebusan finansial dari korban dengan cara mengancam akan mempublikasikan, menghapus, atau menahan akses ke data pribadi yang penting. Konsekuensi dari serangan ransomware bisa menjadi bencana, dan sulit ditangani setelah komputer Anda terinfeksi.
  5. Rootkits. Rootkit adalah sebuah koleksi software yang dirancang khusus untuk memperbolehkan malware untuk mengumpulkan informasi. Jenis malware ini bekerja di balik layar sehingga pengguna komputer tidak akan curiga. Software ini bekerja seperti backdoor untuk malware agar mereka bisa masuk dan mengganggu sistem komputer Anda.

Malware dapat menjadi sebab yang berbahaya untuk situs web. Tidak hanya mengganggu sistem yang berjalan, malware juga dapat mencuri data-data yang penting, mengubahnya, dan bahkan mengendalikan sistem yang ada.Mengatasi Malware ini sendirian dapat beresiko merusak perangkat Anda, maka diperlukan pihak lain yang dapat membantu Anda melakukan instalasi anti-malware terpercaya. Bila website Anda menggunakan layanan jasa hosting, coba tanyakan apakah mereka menyediakan fitur tambahan anti-malware.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *