Malware
thebluediamondgallery.com

Malware merupakan singkatan dari Malicious Software yang artinya program yang diciptakan dengan tujuan untuk mencari celah dalam sistem dan merusaknya. Malware dapat mengubah data (menghapus, menyembunyikan dan mencuri), menghabiskan bandwidth tanpa sepengetahuan pengguna.

Malware (Malicious Software) adalah suatu program yang dirancang dengan tujuan untuk merusak dengan menyusup ke sistem komputer. Malware dapat menginfeksi banyak komputer dengan masuk melalui email, download internet, atau program yang terinfeksi.

Jenis-jenis malware

  1. Virus

Virus merupakan salah satu jenis Malware yang mempunyai kemampuan untuk memanipulasi data, menginfeksi, mengubah dan merusak sebuah program komputer perusahaan. Adapun kemampuan lain dari virus ini, yaitu dapat menggandakan diri dengan cara menyelipkan program dari kopian dari asal dirinya menjadi bagian dari program lain di komputer. Salah satu jenis malware yang cara kerjanya membutuhkan perantara sebagai activator. Biasanya, activator dari virus komputer adalah pengguna itu sendiri.

  1. Worms

Worms adalah program yang bisa mengeksekusi dirinya sendiri tanpa harus dieksekusi oleh pengguna terlebih dahulu, jika worm sudah berhasil masuk ke dalam komputer atau jaringan maka worm ini dapat berpindah ke komputer yang lain pada sebuah jaringan secara otomatis dan tidak bisa dicegah oleh pemilik komputer yang ada pada jaringan tersebut. Bedanya worm dengan virus adalah worm hanya bisa menginfeksi komputer jika software pada komputer tersebut memiliki vulnerability, worm tidak dapat menginfeksi sebuah sistem komputer jika software pada komputer tersebut sudah di patch atau diperbarui. sedangkan virus masih bisa menginfeksi komputer yang sudah ter-patch.

  1. Trojan Horse

Trojan Horse adalah sebuah program yang dapat merusak komputer dan memberikan akses secara remote kepada penggunanya. Pada umumnya program ini dibuat lebih menarik seperti contoh software pencari serial number tentunya kita akan tertarik untuk menggunakanya. Trojan juga bisa berupa program perusak ataupun program pengendali. Apabila korban terkena program trojan pengendali maka apabila komputer terhubung ke jaringan atau internet maka si pengirim trojan dapat mengendalikan komputer dari jauh karena trojan membuka port tertentu agar komputer dapat diremote bahkan bisa juga pengirim trojan tersebut merusak komputer anda dari jauh.

  1. Adware

Merupakan perangkat lunak yang menampilkan unduhan iklan tanpa izin dan menampilkan spanduk pada antarmuka pengguna program saat pengguna terhubung ke internet. Adware dimasukkan secara diam-diam oleh pembuat program dengan kemampuan untuk mengunduh dan menampilkan materi iklan secara otomatis tanpa diketahui penggunanya. Adware ini umumnya berbentuk seperti iklan Pop-Up yang ada di suatu situs.

  1. Backdoor

Merupakan akses khusus yang dibuat oleh hacker untuk masuk ke dalam sistem komputer. Backdoor merupakan suatu mekanisme untuk masuk ke dalam sistem tanpa harus melewati proses pemeriksaan standar keamanan seperti authentikasi, seperti biasanya ketika kita mau masuk ke dalam sistem terdapat pemeriksaan authentikasi seperti user dan password. 

  1. Ransomware

Ransomware merupakan jenis perangkat perusak yang dirancang untuk menghalangi akses kepada sistem komputer atau data. Ransomware ini khusus menargetkan perusahaan/korporasi dengan mengkompromikan jaringan yang kemudian mencoba untuk mengenkripsi semua perangkatnya. Selama penyebaran Ransomware berlangsung, peretas akan memeriksa proses dan layanan yang terkait dengan program keamanan. Jika ditemukan, program dinonaktifkan sebelum melanjutkan dengan proses infeksi.Merupakan virus yang menginfeksi komputer dengan cara mengenkripsi file-file yang ada pada komputer anda dan biasanya penyebar ransomware akan meminta uang tebusan untuk memberikan kode enkripsi kepada user yang terkena ransomware.

Cara mencegah Malware

  1. Tidak melakukan aktivitas ilegal, misalnya mengunduh software atau film dari situs ilegal atau tidak terverifikasi.
  2. Jangan membuka email dari orang-orang yang tak terpercaya atau tak dikenal, apalagi jika email tersebut mengirimkan file berformat .exe, .vbs, dan .scr.
  3. Pastikan saat membuat password, gunakan kombinasi yang unik. Misalnya menggunakan angka, huruf, dan karakter unik seperti *,@,#, &, dsb.
  4. Rajin-rajinlah membersihkan temporary internet file seperti cookies dan auto complete form. Bisa menggunakan CCleaner Tools.
  5. Selalu perbaharui sistem operasi komputer, software aplikasi dan browser yang kita gunakan.
  6. Jika kita menggunakan sistem operasi windows, pastikan untuk mengaktifkan Firewall Windows.

Terlepa dari pembahasan di atas, bagi Anda yang saat ini tertarik untuk membuat website sebagai tools promosi penjualan. Anda bisa memanfaatkan promo dari IMSNet.id untuk mendapatkan potongan diskon setiap pembelian nama domain, Hosting, dan paket Web Instant. Sangat menarik bukan?

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *