.

Ketika membahas mengenai macam-macam database,  Database tidak ditemui hanya pada bidang IT saja, tetapi bisa ditemui di segala bidang mulai dari sekolah, masyarakat, perusahaan, pemerintahan dan lainnya. Database yang dibuat pastinya memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda-beda. Dalam era serba modern saat ini teknologi sudah menjadi salah satu kebutuhan untuk para penggunanya. Salah satunya buktinya adalah semakin meningkat pengguna sosial media sampai sekarang ini. Dibalik semua itu ada fungsi besar database yang menyimpan semua data social media.

Apa itu Database ?

Database atau database adalah kumpulan data yang disimpan secara rapi dan sistematis dalam komputer yang bisa diolah dengan menggunakan program aplikasi database sehingga bisa menghasilkan suatu informasi. Data yang disimpan ada yang berbentuk tabel, skema, objek, view, query dan sejenisnya tergantung tipe datanya.

Pengolahan database dalam media komputer ditujukan untuk mempermudah dan tentunya mengikuti perkembangan zaman yang semakin menerapkan era komputerisasi. Suatu pengelolaan sistem database dalam dunia IT biasa dikenal dengan istilah DBMS (Database Management System). Suatu database juga dapat didefinisikan terdiri dari kumpulan tabel – tabel yang menyimpan data serta informasi.

Fungsi Database
  1. Mengelompokkan data untuk mempermudah identifikasi data, database menyiapkan data yang sesuai dengan permintaan user terhadap suatu informasi dengan dengan cepat dan akurat. Melalui software  Database Management Systems (DBMS) user / petugas bank  dapat mencari profil informasi seorang nasabah dalam hitungan detik, DBMS akan menyajikan data lengkap mengenai profil yang diminta.
  2. Memudahkan akses, penyimpanan data, mengedit dan menghapus data User/admin pemegang otoritas database dengan mudah melakukan editing data yang salah saat entry dengan data yang terbaru, atau menghapus data palsu / salah dengan cepat, juga melakukan penghapusan data.
  3. Menghindari data ganda dan inkonsistensi data, software DBMS sebagai software untuk menjalankan database komputer mempunyai kemampuan menginformasikan kepada user pada saat input  data apabila data yang akan diinput sudah ada dalam database.  Duplikasi data didalam database sangat dimungkinkan, karena database dapat diakses dari  banyak komputer dari berbagai tempat yang  tersambung ke  sistem database.
  4. Menjaga kualitas data dan informasi sesuai agar data tetap sama pada saat entry dan setelah entry, data tidak terkorup atau hilang selama penyimpanan di database.  Software data mempunyai peran vital dalam menjaga data, terutama dari resiko kerusakan data selama penyimpanan.
  5. Menjadi solusi terbaik dari penggunaan kertas sebagai media penyimpanan yang kurang efektif dan banyak memakan ruang. Dengan adanya database maka file dapat disimpan secara digital.
  6. Mendukung aplikasi yang membutuhkan ruang penyimpanan. Hampir semua aplikasi modern membutuhkan ruang yang besar untuk menjalankan fungsinya secara optimal, disini peran database sebagai penyedia  ruang untuk menyimpan data-data aplikasi dan sistem sebuah komputer.
Jenis-jenis Database
  1. Operational Database. Operational database ini lebih digunakan untuk penggunaan database dinamis secara realtime, Database seperti ini memiliki kelebihan dalam penggunaan saat melakukan penambahan, mengubah dan menghapus data secara realtime
  2. Relational Database. Jenis database yang satu ini bisa dibilang paling popular, hal ini dikarenakan dengan menggunakan Relational Database, user dapat mengakses atau mencari informasi dalam tabel yang berbeda – beda. Query yang dilakukan juga dapat melibatkan beberapa tabel karena fungsi relasi ini.
  3. Distributed Database. jadi database ini memiliki penyimpanan data yang tidak berada pada penyimpanan yang sama. Database disimpan pada lokasi fisik yang berbeda tetapi tetap terhubung dengan jaringan komputer yang saling berhubungan. Sistem dari distributed database ini tidak seperti database paralel yang digabungkan menjadi satu, tetapi database parallel ini terdiri dari situs yang digabungkan.
  4. Database warehouse. database warehouse atau bisa disebut juga data warehouse (DW atau DWH). Database warehouse adalah sistem database yang lebih digunakan kepada pelaporan dan analisis data. Database warehouse menjadi tempat menyimpan repository sentral dari satu database atau lebih. Database yang berada di warehouse akan diunggah dari sistem operasional yang ada seperti pada sistem pemasaran atau penjualan.
  5. End User Database. database ini terdiri dari dari berbagai jenis file yang dikelola dan dikembangkan oleh end user workstation. Contoh database end user ini adalah dokumen spreadsheet, word processing bahkan file download juga termasuk dari end user database.
Contoh Database.
  1. Oracle. Database Oracle ini masuk dalam kategori berbayar, tetapi untuk Anda para developer saat membangun database menggunakan Oracle tidak perlu khawatir, karena nanti yang membayar lisensi adalah pihak klien. Tetapi jika Anda menjual sepaket dengan lisensi kepada klien juga bisa tergantung kesepakatan saja.
  2. MySQL. database yang populer digunakan untuk keperluan website mulai dari untuk pemakaian pribadi hingga level perusahaan. MySQL support dengan berbagai bahasa pemrograman sehingga menjadikan banyak digunakan oleh para developer website. Selain itu MySQL juga gratis digunakan tidak perlu lisensi untuk menggunakannya.
  3. Microsoft SQL Server. Microsoft SQL Server ini adalah database relasional yang bersifat komersial, tidak seperti Ms Access yang digunakan hanya sebatas computer desktop saja,
  4. Microsoft Access. Microsoft Access adalah database computer relasional yang digunakan untuk merancang database dan mengolah berbagai jenis database dengan ukuran kecil hingga besar. MS Access lebih menyasar pada penggunaan database untuk kelangan rumahan dan perusahaan skala kecil sampai menengah untuk pengolahan database.
  5. SQLite. merupakan sistem manajemen basisdata relasional dengan ukuran penulisan kode yang relatif kecil, menggunakan bahasa C dan bersifat ACID Compliant. Gampangnya SQLite ini database yang sudah include dalam sistem yang kita gunakan 

Demikian artikel tentang Database. Teknologi database terus berkembang pesat untuk meningkatkan fungsinya sebagai pendukung aplikasi dan sistem komputer  perusahaan dan lembaga besar.

Untuk Anda yang berencana memiliki website atau blog, di IMSNet.id kami menyediakan layanan pembuatan website, domain dan hosting untuk menyimpan semua database website yang Anda miliki saat ini dengan harga mulai dari 9ribuan/bulan saja. 

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *