pxhere

Tentu di handphone maupun dalam komputer, anda mempunyai sebuah file foto yang anda simpan. Namun pernahkah anda memperhatikan ekstensi photo maupun gambar tersebut? Jika belum anda dapat melihat ekstensi poto tersebut melalui menu properties. Format gambar ini penting untuk mengetahui tentang support software yang Anda gunakan. Ada beberapa software dan aplikasi yang memang tidak bisa menerima file-file gambar tertentu. Salah satu format file gambar yang kadang membingungkan sampai saat ini adalah perbedaan antara format JPG dan JPEG.

Ekstensi file JPEG pertama kali dirilis pada tahun 1992 sebagai standar ISO. Ekstensi JPEG pada saat itu adalah format gambar yang paling umum dipakai untuk ekstensi foto. Format gambar satu ini memang cukup bagus untuk foto yang berwarna maupun jenis gambar yang banyak menggunakan campuran warna seperti gradien. JPEG kurang cocok untuk gambar yang tajam JPEG akan menghasilkan gambar yang sedikit kabur secara penampakan. 

Format gambar JPEG mulai banyak digunakan sebagai format file gambar standar untuk web hosting, fotografer amatiran, kamera digital, dan berbagai pekerjaan lain yang berhubungan dengan gambar.

format JPEG memiliki kelebihan cukup bagus dalam hal kualitas foto dan campuran warna. Akan tetapi kekurangan format JPEG ini kurang bagus bila digunakan untuk gambar dengan warna-warna yang tajam, ini akan terlihat jelas jika dilihat dari software untuk membuka foto seperti Photoshop dan sejenisnya.

Pada Sistem Operasi Windows versi awal, file ekstensi gambar yang bisa dibaca adalah JPG. Sedangkan foto yang menggunakan format ekstensi JPEG tidak dapat terbuka. Hal ini disebabkan file-file yang bisa dibaca oleh Sistem Operasi Windows adalah tiga huruf saja.

Untuk kualitas ekstensi gambar JPG dan JPEG keduanya bagus untuk digunakan tau dipasang di dalam website karena keduanya sudah support. 

Demikian mengenai perbedaan antara format gambar JPG dan JPEG. Dengan semakin majunya perkembangan teknologi saat ini, kita tidak perlu dipusingkan dengan format gambar yang berbeda-beda seperti JPEG, JPG, GIF, PNG, dan lain-lain. Jika anda mempunyai informasi tambahan dan menarik lainnya silahkan tulis di kolom komentar.  Anda mempunyai koleksi foto yang menarik ? Anda bisa mencoba membuat sebuah website agar semakin banyak orang yang tau dan dapat menikmati hasil jepretan foto anda. Manfaatkan promo pembuatan website instant dari IMSNet.id. dengan harga mulai Rp. 440.000,- anda sudah bisa mendapatkan website untuk memamerkan hasil jepretan – jepretan foto anda.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *