Apakah  istilah HTTP terdengar asing ditelinga anda. ? kali ini kita akan membahas tentang HTTP.  Nah, HTTP adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol merupakan sebuah protokol yang dipergunakan untuk mengirimkan dokumen dari WWW (World Wide Web).

Pengertian

HTTP

HTTP sendiri merupakan sebuah protokol yang digunakan untuk komunikasi data dalam dunia internet yang mana HTTP digunakan untuk distribusi dan sistem informasi hypermedia.  Intinya, HTTP menetapkan bagaimana pesan diformat dan ditransmisikan, dan seperti apa respon dari browser. HTTP bertugas dalam pengaturan komunikasi yang dilakukan antara klien dan server. Klien yang dimaksud di sini adalah web browser maupun device yang mengakses kemudian menerima serta menampilan konten. Dalam hubungan antara klien dengan server, terdapat pengiriman perintah dan informasi. Klien akan memberikan permintaan yaitu dengan mengetikkan alamat website yang ingin dikunjungi. Kemudian server akan mengolah data yang anda masukkan berupa alamat web tersebut. Pengolahan ini didasarkan pada kode protokol yang diinput. Kemudian akan dimunculkan konten yang ingin anda akses.

HTTPS

Secara rinci, HTTPS adalah singkatan dari hypertext transfer protocol secure merupakan suatu protokol komunikasi dalam jaringan internet. HTTPS dapat diartikan sebagai bentuk protokol internet yang paling valid dan yang paling aman. HTTPS ini akan melindungi integritas serta kerahasiaan antara situs dan komputer pengguna. Perbedaan HTTP dan HTTPS akan terlihat ketika Anda mengakses situs HTTP, kebanyakan website yang menggunakan HTTPS akan otomatis melakukan redirect ke HTTPS ketika diakses melalui HTTP://.

Cara kerja HTTP dan HTTPS

HTTP

Pada saat kamu mengetikan alamat website di Web Broswer, HTTP akan bekerja dengan melakukan request kepada webserver tujuan menggunakan port (biasa menggunakan port 80). Setelah webserver tujuan menerima request, maka file permintaan akan dikirimkan kepada klien yaitu web browser kemudian akan ditampilkan pada halaman web browser kepada user.

HTTPS

Cara kerja HTTPS sebenarnya tidak ada perbedaan jauh dengan HTTP, hanya saja website akan melakukan validasi apakah terhubung dengan sertifikat SSL/TLS. Jika tervalidasi maka akan ada proses namanya SSL Handshake. Selain itu kamu juga bisa melihat akan ada logo gembok dan jika SSL berbayar akan ada nama sertifikat SSL yang sudah di daftarkan sebelumnya.

Kesimpulannya adalah bahwa  Dengan meggunakan HTTPS, maka data yang dikirimkan dari website ke pengunjung anda dijamin aman dan sebisa mungkin tidak dapat disadap oleh pihak lain.

Selain itu, dengan menggunakan protokol HTTPS, orang lain juga akan sulit membajak isi dari data atau dokumen yang dikirim dari website ke pengunjung. Dalam artian, apa yang anda dapatkan dari sebuah website kemungkinan besar tidak dapat dibajak atau dicuri oleh orang lain.

HTTPS menjamin kemanan dikarenakan menawarkan 3 lapisan perlindungan yaitu:

Autentikasi

Fungsi dari autentikasi adalah memastikan bahwa user melakukan komunikasi dengan situs website yang dituju secara benar.

Enksripsi

Data yang dikirimkan kepada klien sudah dilakukan proses enkripsi, sehingga isi dari data tersebut tidak bisa diketahui oleh pihak lain yang ingin berbuat kejahatan. Berbeda dengan HTTP yang masih menggunakan klien server tanpa adanya enkripsi sehingga rawan terjadinya tindak kejahatan.

Integritas

Pada saat data ditransfer, semua data tidak bisa diubah karena sudah dilakukan encapsulation saat pengiriman dan pada saat sampai di tujuan akan dilakukan decapsulation. Sehingga saat proses transfer data akan aman dari tindak kejahatan.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *