Apa itu HTML?

HTML (HyperText Markup Languange) ketika kalian ditanya tentang apa itu HTML. Tentu tidak mungkin kalian hanya menjawab HyperText Markup Languange. Itu kalo pertanyaan berasal dari orang yang menguji pengetahuan anda tentang HTML. Bagaimana kalo ceritanya berlawanan pertanyaan apa itu HTML muncul dari mereka orang awam yang sama sekali tidak tahu tentang HTML. Jawaban kalian bakal mambuat bingung kebih parah bagi  penanya.

HTML merupakan bahasa mark up yang mudah untuk dipahami oleh pengguna. HTML dapat memudahkan user pemula ataupun developer dalam memformat, menyusun, serta mengorganisir suatu dokumen secara online menggunakan program Microsoft Word. Secara singkat mengenal HTML adalah bahasa markup internet yang beguna untuk membuat suatu website. Melalui aplikasi browser atau penjelajah internet seperti Google Chrome, Internet Explorer dan Mozilla Firefox, website yang sudah dibuat lewat HTML akan dapat dilihat oleh siapa saja yang terkoneksi dengan jaringan internet.

Sejarah

HTML dibuat oleh seorang ahli fisika dengan tim Berners Lee pada lembaga penelitian CERN yang ada di Swiss. Dia memiliki ide tentang sistem hypertext yang berbasis internet. Tim Berners Lee mengeluarkan versi HTML yang pertama pada tahun 1991. Versi html saat itu mempunyai 18 tag HTML. Saat ini ada 140 HTML tag berdasarkan HTML Element Reference yang dimiliki oleh Mozilla Developer Network. Berikut beberapa versi dari HTML

HTML versi 1.0

HTML versi 1.0 ini memiliki kemampuan seperti paragraf, hypertext, heading, list dan juga cetak miring maupun tebal pada text. Pada versi ini masih terdapat banyak kelemahan dan masih sangat wajar apabila tampilan dari versi ini sangat sederhana. Versi 1.0 juga dapat mendukung peletakan gambar atau image pada dokumen tanpa wrapping.

HTML Versi 2.0

mempunyai fitur tambahan yaitu kualitas HTML lebih baik. Versi 2.0 mempunyai kemampuan dalam menampilkan data atau form pada dokumen serta memasukan alamat, nama, dan saran atau kritik. HTML versi 2.0 ini adalah pionir untuk web interaktif.

HTML versi 3.0

Ada fasilitas baru yaitu figure,figure ini sudah dapat meletakkan tabel dan gambar. Tak hanya itu juga telah tersedia rumus-rumus matematika pada dokumen tersebut. Namun tak lama waktu berselang versi ini tergantikan oleh HTML 3.2

HTML Versi 3.2

Salah satu versi yang sering digunakan karena sudah terdapat teknologi yang mendukung dalam meletakkan teks pada sekitar gambar dan gambar sebagai latar belakang, frame, style sheet, tabel dan lainnya. Selain itu versi ini memudahkan Kita dalam menggunakan script yang ada diluar HTML seperti VBScript, dan Javascript sebagai pendukung kinerjanya.

HTML Versi 4.0

Terdapat beberapa perubahan diantaranya seperti link, meta, image, tabel, form, imagemaps dan lainnya.  Selain itu juga peningkatan pada beberapa fungsi yang ada pada versi sebelumnya.

HTML versi 4.01

Munculnya versinya sebagai perbaikan dari versi sebelumnya yaitu versi 4, membuat standarisasi untuk atribut dan juga elemen pada script XHTML 1.0.

HTML versi 5.0

Versi terbaru yang sudah ada sejak tahun 2009 yang ditangani oleh organisasi IETF (Internet Engineering Task Force) dan W3C (World Wide Web Consortium) dengan adanya tambahan memiliki prosedur dalam pembuatan tampilan pada website baru melalui gabungan dari HTML dengan javascript, dan CSS.

Gambaran singkat tentang tag HTML

Tag HTML memiliki dua tipe utama: block-level dan inline tags.

  1. Elemen block-level memakai semua space yang tersedia dan selalu membuat line baru di dalam dokumen. Contoh dari tag block adalah heading dan paragraf.
  2. Elemen inline hanya memakai space sesuai dengan kebutuhannya dan tidak membuat line baru di halaman. Biasanya elemen ini akan memformat isi konten dari elemen block-level. Contoh dari tag inline adalah link dan emphasized strings.

Tiga tag block-level yang harus dimiliki oleh setiap dokumen HTML adalah <html>, <head>, dan <body>.

  1. Tag <html></html> adalah elemen level tertinggi yang menyertakan setiap halaman HTML.
  2. Tag <head></head> menyimpan informasi meta, seperti judul dan charset halaman.
  3. Tag <body></body> melampirkan semua konten yang muncul pada suatu halaman.

Struktur dasar  dari HTML

  • <!DOCTYPE html> – Merupakan deklarasi dari type dokumen dari HTML tersebut
  • <html></html> – Dikenal dengan element utamad dari HTML karena semua element berada di dalamnya.
  • <head></head> – Element ini berfungsi untuk memasukkan suatu konten yang tidak dimunculkan namun tetap diakses pertama kali. Sangat cocok untuk meletakkan beberapa kode pemanggil baik itu JS, CSS dan lainnya. Konten lainnya seperti keyword, deskripsi, CSS, dll.
  • <title></title> – Merupakan judul dari halaman website yang muncul pada bagian tab browser.
  • <body></body> – Berisi konten yang ditampilkan pada browser ketika pengunjung mengakes halaman tersebut.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *