Jika Anda seorang programer pasti istilah Framework sudah tidak asing lagi ditelinga Anda.  Dengan framework seorang programer akan mempermudah proses koding.  Dengan menggunakan framework bukan berarti kita akan terbebas dengan pengkodean. Karena kita sebagai seorang pengguna framework haruslah menggunakan fungsi – fungsi dan variabel yang ada di dalam sebuah framework yang kita gunakan. 

Framework adalah sebuah kerangka kerja yang digunakan untuk mempermudah para developer software dalam membuat dan mengembangkan aplikasi. Framework berisikan perintah dan fungsi dasar yang umum digunakan untuk membangun sebuah software aplikasi sehingga diharapkan aplikasi dapat dibangun dengan lebih cepat serta tersusun dan terstruktur dengan cukup rapi. 

framework terbagi dua yaitu framework PHP dan framework CSS, untuk framework PHP terdiri dari

Framework PHP
  1. Yii Framework. Yii Framework adalah salah satu framework PHP paling ringan yang mudah diperluas dan dipasang. Yii Framework dapat bekerja paling baik bagi pebisnis UKM dan startup untuk platform aplikasi web yang interaktif dan aman dalam membangun dan menguji software.
  2. CodeIgniter. codeIgniter telah diakui sebagai framework yang paling sederhana, kecepatan tinggi, dan mudah digunakan untuk kinerja tinggi. CodeIgniter memiliki keamanan tinggi, ringan, mendukung berbagai basis data dan platform, dan fitur enkripsi data tinggi.
  3. Zend Framework.  Framework ini menyediakan hampir semua fitur OOP menjadi framework berorientasi objek seperti enkapsulasi dll. Cocok untuk anda jika Anda mencari aplikasi industri skala besar.
  4. Simfony. Symfony membantu Anda mengembangkan aplikasi yang kuat dengan fitur-fiturnya yang paling bagus.  Beberapa kelebihan Symfony adalah tingkat keamanan yang tinggi terhadap banyak ancaman seperti pemalsuan dan permintaan lintas situs, akses server API, skalabilitas, kemampuan untuk memperluas, elemen dan konfigurasi independen, penggunaan memori yang kecil, stabil dan fleksibel.
  5. Laravel. Laravel adalah framework terkenal yang digunakan mengembangkan aplikasi yang sangat kuat. Framework ini sangat fleksibel dan dapat diskalakan dengan menawarkan fitur khusus rentang tinggi yang mungkin Anda butuhkan
Framework css terbaik.
  1. Bootstrap. Bootstrap merupakan salah satu front end framework yang memiliki bentuk bagus, modern,dan memiliki tampilan yang bagus ketika website diakses melalui ponsel. Cocok untuk berbagai jenis browser, menyingkat waktu, konsep desain yang stabil, lebih menyingkat waktu.
  2. Semantic UI. Mempunyai tampilan yang menarik dan elegan, penulisan class cukup mudah, konsep yang lengkap.
  3. Foundation. Untuk anda yang ingin menggunakan Foundation, maka anda tidak perlu takut akan kekurangan fitur yang berguna. Hampir seperti Bootstrap, foundation memiliki kelebihan dengan kebutuhan fitur yang tersedia secara baik untuk para pengembangnya.
  4. Bulma. framework ini cukup memberikan kenyamanan pada penggunanya. Dengan berbasis framework yang sudah modern dengan tata letaknya berbasis Flexbox sehingga membuat tampilannya menjadi sangat responsif.
  5. Pure css. Cocok untuk anda yang masih pemula dalam mempelajari Framework CSS
Fungsi Framework
  1. Mempercepat proses pembuatan aplikasi baik itu aplikasi berbasis desktop, mobile ataupun web.
  2. Memudahkan para developer dalam membaca code program dan lebih mudah dalam mencari bugs.
  3. Memiliki tingkat keamanan yang lebih, hal ini dikarenakan Framework telah mengantisipasi cela – cela keamanan yang mungkin timbul.
  4. Mempermudah developer dalam mendokumentasikan aplikasi – aplikasi yang sedang dibangun.
  5. Membantu para developer dalam perencanaan, pembuatan dan pemeliharaan sebuah aplikasi.
  6. Aplikasi yang dihasilkan menjadi lebih stabil dan handal, hal ini dikarenakan Framework sudah melalui proses uji baik itu stabilitas dan juga kehandalannya.

Itulah ulasan mengenai pengertian Framework lengkap dengan fungsi Framework dalam dunia pemrograman.Framework adalah platform yang tepat untuk membuat website atau aplikasi yang responsif dan lebih menarik. Dengan bantuan framework, Anda bisa membuat website atau aplikasi dengan lebih cepat dan aman.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *