Berbelanja dengan melalui internet kini makin banyak di minati hampir semua orang. Karena dengan berbelanja online kita tidak pelu lagi jauh-jauh untuk mendaptakn barang yang diinginkan, hanya dengan klik saja kita sudah dapat memilih dan mendapatkan barang yang diinginkan. Di Indonesia, perdagangan elektronik meningkat beberapa tahun belakangan. Terlebih setelah munculnya berbagai macam situs marketplace, orang orang makin nyaman  menggunakan e-commere. Di artikel ini kita akan membahas mengenai pengerian e-commerce,  jenis-jenis e-commerce, manfaat ecommerce,  contoh e-commerce, 

Pengertian.

E commerce berasal dari bahasa Inggris, yaitu electronic commerce atau perdagangan elektronik. Dan sebagaimana perdagangan yang dilakukan secara langsung atau face to face. Dalam e commerce juga meliputi proses promosi, pembelian, dan pemasaran produk. Yang berbeda adalah pada sistem berdagang yang digunakan, yaitu melalui media elektronik atau internet. Secara sederhana e-commerce adalah proses pembelian maupun penjualan produk secara elektronik

 Jenis- jenis e-commerce

Business to business. Merupakan transaksi yang paling besar. Keduanya saling mendapatkan keuntungan dan adanya kepercayaan satu sama lain. keduanya saling mengenal dan mengetahui proses bisnis yang mereka lakukan. Contoh bisnis antar distributor.

Business to consumer. Dimana produsen atau perusahaan (pihak penjual), memasarkan produk secara langsung. Dengan customer (pengguna) sebagai mangsa pasar.

Consumer to business. transaksi penjualan dilakukan oleh pihak konsumen. Sedangkan perusahaan adalah target pasarnya. Jadi, individu memberikan penawaran mengenai sebuah produk berupa barang atau jasa.

Consumer to consumer. Jenis e commerce ini dilakukan dari konsumen ke konsumen. Klasifikasinya terdiri dari 2 model, yaitu classifed dan marketplace. Kalau dalam classified, buyer dan seller melakukan transaksi secara langsung. Sedangkan dalam marketplace, konsumen (penjual) memerlukan platform untuk tempat melakukan transaksi. Contoh marketplace, adalah bukalapak.

Online to Offline Di zaman modern sekarang ini, jenis e commerce satu ini sangat populer. Dimana pihak seller melakukan kegiatan promosi, mencari pembeli, dan menyediakan produk dengan memanfaatkan jaringan online sebagai media. Namun pembeli memiliki option untuk dapat belanja langsung di toko offline.

Intrabussines (Organizational) Electronic Commerce. Pada jenis e commerce ini, pelaku bisnis menjual produk barang atau pun jasa dengan menjadikan lembaga pemerintahan sebagai pasar. Transaksi yang dilakukan juga dalam bentuk tender.

Cara Pembayaran

Untuk masalah pembayaran, ada beberapa metode yang sering digunakan dalam E-Commerce, yaitu :

  • Pembayaran Elektronik. Pembayaran dengan metode ini menggunakan internet banking, kartu kredit/debit, atau dengan uang digital yang sudah beredar seperti Go-Pay, Ovo, Link aja, Dana, Dan lainnya.
  • Pembayaran Cash On Delivery ( Cash On Delivery ). Transaksi pembayaran dengan metode ini dilakukan secara langsung. Jadi Penjual dan Pembeli akan bertemu sesuai dengan kesepakatan ( bisa juga dengan bantuan perantara kurir ), setelah menerima barang, pembeli membayarkan uang secara tunai kepada pihak Penjual. Pembayaran menggunakan metode ini juga dapat meminimalisir terhadap penipuan secara online.
  • Pembayaran lewat Transfer. Pihak pembeli akan mentransfer sejumlah uang ke nomor rekening penjual. setelah membayar, barang baru akan dikirim oleh penjual melalui jasa pengiriman.

Manfaat E-commerce:

  1. Menghemat Waktu
  2. Pembeli lintas Wilayah
  3. Mampu meningkatkan market exposure
  4. Mampu meningkatkan customer loyality
  5. Mampu meningkatkan supplier management
  6. Mampu mengurangi biaya operasional(operating cost)
  7. Dapat mempersingkat waktu produksi
  8. Selalu Buka
  9. Manajemen Persediaan Otomatis
  10. Mempermudah pembayaran karena dapat dilakukan secara online

Jika Anda mempunyai sebuah usaha dan berniat ingin membuat sebuah toko online. Anda dapat menggunakan layanan dari IMSNet.id. kami menyediakan layanan pembuatan website dengan dukungan LiteSpeed Web Server, waktu loading website Anda akan meningkat pesat. Dengan dukungan Teknologi keamanan Imunify 360, website Anda terlindung dari serangan hacker, malware, dan virus berbahaya setiap saat. gratis domain dan SSL untuk Anda.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *