Mengenal cPanel Control Panel.

Pada saat anda menggunakan layanan  hosting pasti anda akan mendapatkan akses ke sebuah control panel. Nah salah satu contoh control panel yang biasa digunakan di Indonesia adalah cPanel. Panel hosting akan  membantu kamu dalam mengelola hosting, domain dan website.  Dengan cPanel kamu bisa setting subdomain dengan mudah, mengupload file website, memasang SSL di website dan sebagainya. 

Pengertian cPanel

cPanel adalah suatu kontrol panel yang berfungsi untuk mengelola pengaturan domain, hosting ataupun website. Dikutip dari Wikipedia, cPanel akan memberikan tampilan grafis dan automasi untuk memudahkan proses hosting di sebuah situs web. tools ini dapat berjalan dalam server/ hosting dengan sistem operasi centOS, Red Hat Linux, dan FreeBSD. Cpanel merupakan Akses yang dapat mengontrol aktifitas pada Web hosting Anda. Control Panel Cpanel ini merupakan yang paling populer digunakan didunia untuk dapat melakukan manajemen pada Web Hosting Anda.

Fungsi cPanel.

Sebagaimana sudah disebutkan diatas. Fungsi cPanel adalah sebagai alat kontrol untuk mengelola sebuah website.  Secara terperinci dikutip dari cPanel.

Fungsi dari cPanel adala

  1. Mempermudah proses manajemen web hosting
  2. Mempermudah customer dalam melakukan setting website
  3. Mempermudah pengelolaan email
  4. Mengatur pengelolaan domain seperti pembuatan subdomain, addon domain dan sebagainya
  5. Melakukan pengaturan file
  6. Mempermudah dalam manajemen database website

Kelebihan cPanel

  1. Tersedia berbagai tutorial dan panduan online
  2. Menawarkan software auto installer
  3. Telah melalui uji coba
  4. Mudah dipelajari
  5. Mudah penggunaannya

Bagaimana Cara penggunaan cPanel:

Untuk mendapatkan akses ke Panel Hosting, tentu saja kamu harus memiliki hosting terlebih dahulu. Setelah mendapatkan tempat untuk hosting selanjutnya anda akan mendapatkan username dan password untuk login ke cPanel:

  1. Ketikan nama domain anda di URL https://namadomainanda.com/cpanel
  2. Masukkan username dan password
  3. Klik tombol login. Maka anda sudah  berhasil masuk ke cpanel.

Kesimpulan: cPanel sebuah tools yang memudahkan anda untuk memanage sebuah website. untuk anda yang membutuhkan layanan hosting. percayakan layanan hosting anda kepada IMSNet.id dengan harga mulai Rp 9000an per bulan.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *