Cloud hosting secara garis besar berbeda dengan shared hosting pada umumnya. Fokus pada uptime, fleksibilitas dan kemudahan proses scalling, serta private resource adalah beberapa keunggulan dari cloud hosting.  Cloud hosting merupakan jenis web hosting yang tidak hanya menggunakan satu server saja, melainkan menggunakan beberapa server untuk menyeimbangkan beban (load) dan memaksimalkan jam kerja server (uptime). Dengan kata lain, cloud hosting merupakan teknologi cluster yaitu dengan cara menggabungkan beberapa server untuk berjalan layaknya satu server utuh. Tujuannya tak lain untuk menjaga performa

Cara kerja Cloud hosting yaitu Server yang ada di dalam jenis hosting ini saling membantu saat melakukan serangkaian tugas atau program. Di saat ada server yang terjadi masalah, server lain yang masih aktif lainnya sementara menggantikan tugas server yang bermasalah untuk melayani permintaan (request) website. Jadi server satu dengan yang lainnya melakukan gotong royong untuk meningkatkan uptime dan lebih cepat melayani permintaan website.

Kelebihan Cloud Hosting

Dapat menampung trafik yang masif berkat fitur unmetered kuta bandwith

Teknologi cluster memungkinkan server dapat diakses ribuan bahkan jutaan orang secara bersamaan. Ketika ada salah satu server yang overload maka beban akan dibagi dengan server lain. Metode pembagian ini dikenal dengan sistem back-up resource. sehingga tidak perlu khawatir mendapatkan trafik yang berlebihan yang dapat membuat website down dan kehilangan pengunjung.

Performa Handal dan Aman

Presentase uptime (jam kerja server) tinggi. Cloud hosting mempunyai berbagai macam fitur unggulan. Fitur yang dimiliki sangat membantu Anda membangun website menggunakan arsitektur handal, sehingga dapat dicustom sesuai kebutuhan. Lebih aman dari potensi pencurian data maupun kerusakan akibat human error.

Kemudahan Manajemen (Full Managed)

Proses manajemen cloud hosting menggunakan kontrol panel, sehingga tidak perlu khawatir kesulitan melakukan berbagai macam pengaturan. Karena semua pengaturan dengan mudah Anda lakukan menggunakan panel yang ada,

Namun dibalik kelibihan tersebut Cloud hosting juga memiliki harga yang relatif sedikit mahal dibanding shared hosting, namun jika dilihat kembali harga yang sedikit mahal tesebut juga memiliki efek kualitas yang lebih baik dibanding shared hosting.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *