Mungkin ketika kita pernah mencari info di google, kemudian anda lupa website mana yang memberikan informasi tersebut. Kemudian anda mencarinya di history namun tidak ada? Untuk menghindari hal tersebut, saat anda mencari informasi yang penting kemudian takut anda lupa websitenya, anda dapat memnfaatkan fitur bookmark yang ada. Bagi anda yang belum tau fungsi dan cara penggunaanya. Berikut ini kami sediakan sedikit informasi tentang hal tersebut.

Pengertian

bookmarks adalah sebuah fasilitas pada browser (mozilla,internet explorer,opera,chrome) untuk menyimpan nama atau alamat website sehingga kita tidak perlu menghapal nama-nama website yang begitu banyak. Pada chrome dan mozilla namanya bookmark, sedangkan di Internet Explorer “favorite” hanya berbeda nama tetapi tetap memiliki fungsi yang sama.

 Fungsi bookmark itu sendiri antara lain

  1. Memudahkan kita untuk menyimpan nama/alamat website dalam jumlah banyak
  2. Kita dapat mengorganisir dan mengelompokkan alamat-alamat website sesuai dengan tema atau topik tertentu
  3. Dapat menghemat waktu untuk halaman yang sering kita kunjungi

Cara penggunaan Bookmark pada crome

  1. Silahkan buka situs yang ingin kamu bookmark, misalnya https://imsnet.id/ atau situs lainya yang kamu anggap penting atau bermanfaat. untuk cara menyimpanya ada beberapa cara di chrome yaitu dengan menekan tombol bintang yang berada di kanan addressbar (lihat gambar).
  2. Maka akan muncul popup, kemudian klik done

Lalu bagaimana jika anda ingin mencari dan membuka bookmark yang sudah anda simpan sebelumnya? Hal yang anda lakukan yaitu dengan menekan sortcut keyboard yaitu Shift + Ctrl + O *atau klik tombol *setting di pojok kanan atas >> Bookmarks >> *Bookmark Manager. *

Cara penggunaan Bookmark pada mozilla Firefox

Hampir sama penggunaanya pada crome  yaitu dengan menekan tombol bintang yang berada di kanan addressbar  atau dengan  shortcut Ctrl + D. Sedangkan untuk membuka hasil simpanan bookmark kita dapat langsung menggunakan sortcut keyboard *Ctrl + B *maka akan muncul di sebelah kiri browser kamu sebuah menu list borkmark yang sudah tersimpan.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *