Jika Anda saat ini sedang belajar programing. Berapa jenis bahasa pemograman yang anda pahami dan anda kuasai? Bagi seorang developer, Bahasa Pemograman wajib dikuasai. Hal ini penting guna menciptakan serta mengembangkan software maupun aplikasi tertentu. Bahasa pemograman harus sesuai dengan kebutuhan software dan aplikasi yang akan dibuat oleh seorang developer.

Lalu apa itu bahasa pemograman? adalah instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa yang akan diambil dalam berbagai situasi secara persis. (wikipedia). 

Tingkatan Bahasa Pemograman
  1. Bahasa Mesin, yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode bahasa biner, contohnya 01100101100110
  2. Bahasa Tingkat Rendah, bahasa tingkat rendah merupakan bahasa yang masih jauh sekali dari bahasa manusia, susah untuk dimengerti. Bahasa yang masuk ke dalam tingkatan ini adalah Bahasa Assembly.
  3. Bahasa Tingkat Menengah, yaitu bahasa komputer yang memakai campuran instruksi dalam kata-kata bahasa manusia bahasa tingkat menengah, merupakan perpaduan antara bahasa tingkat tinggi dan rendah, bahasa nya tidak sulit maupun tidak mudah untuk dimengerti manusia.
  4. Bahasa Tingkat Tinggi, yaitu bahasa tingkat tinggi merupakan bahasa yang mendekati bahasa manusia, mudah untuk dimengerti. Bahasa yang masuk ke dalam tingkatan ini adalah bahasa pascal, Basic, PHP dan Java.

Fungsi dasar dari bahasa pemograman adalah agar komputer dapat mengolah data sesuai dengan alur yang dibuat secara sistematis oleh penyusunnya. Lebih lanjut, pemograman dapat memudahkan pengoperasian sebuah mesin sehingga meringankan pekerjaan manusia. Bahasa pemograman bisa digunakan untuk membuat program atau perangkat lunak, sekaligus menjadi perintah bagi perangkat keras komputer untuk memulainya agar kemudian dapat dioperasikan oleh pengguna.

Jenis Bahasa Pemograman
  1. Java Script

Merupakan bahasa pemrograman yang paling mudah untuk dikuasai. Fungsi javascript dalam situs web maupun aplikasi adalah untuk menambahkan fitur interaktif, juga berguna untuk memvalidasi data ataupun formulir untuk diterapkan pada pengembangan sebuah permainan. Belajar java script merupakan pilihan yang sangat cocok Bagi seorang pemula.

  1. PHP

PHP merupakan Bahasa Pemrograman yang harus dipelajari jika Halam Web anda tampil secara dinamis. Mempelajari PHP akan sangat berguna untuk pemilik situs web karena PHP bisa mempersingkat kode yang ada di halam situs sehingga bisa ditampung ke dalam seperangkat aturan. Jadi kita tidak akan dibuat ribet jika kita memahami tentang PHP, ketika di butuhkan bisa memanggil mereka kapanpun Anda mau

  1. Java

Java adalah salah satu bahasa khusus untuk pemrograman yang dijalankan pada berbagai macam jenis platform, seperti perangkat mobile hingga perangkat komputer. Sebagai bahasa pemrograman yang sangat populer di dunia, Java mempunyai kelebihan seperti mampu berjalan di OS berbeda serta termasuk ke dalam kategori pemrograman orientasi objek. Di samping itu, bahasa pemrograman ini juga memiliki library sendiri sehingga mampu dengan cepat memudahkan programer.

  1. Phyton

Termasuk dalam bahasa pemrograman yang lebih sederhana sama seperti Java. Walaupun sederhana, fungsinya memiliki tingkatan yang lebih tinggi. Python mampu membangun aplikasi baik itu dengan basis web hingga mobile sekalipun. Meskipun terbilang bahasa tingkat tinggi, akan tetapi python juga sangat mudah dipahami bagi pemula.

  1. C

bahasa C merupakan bahasa pemrograman tertua. Bahasa ini dikembangkan sudah sejak tahun 70an dan dibuat oleh Dennis Ritchie. Bahasa C dianggap sebagai bapak dari bahasa pemrograman lain tidak lain karena menjadi dasar untuk mempelajari lebih lanjut bahasa lainnya seperti Java, C++, C# dan lainnya.

Demikian artikel tentang bahasa pemograman  semoga bisa menambah wawasan anda.  bisa memberikan pengetahuan yang lebih luas kepada Anda. Akan lebih baik  jika Anda ingin belajar secara mendalam tentang bahasa pemograman untuk membuat aplikasi maupun software lainnya. Jika Anda ingin membuat aplikasi/ website/ toko oline dengan cepat dan tidak mau repot untuk belajar bahasa pemograman. Anda dapat memesan hal tersebut kepada kami IMSNet.id. Kami akan melayani semua kebutuhan aplikasi anda. sehingga waktu anda akan lebih fokus untuk mengembangkan bisnis dan usaha anda.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *