Mungkin pernah diantara anda pernah mengalami handphone dan laptop anda ngelag dikarenakan memory yang kepenuhan akibat video yang anda simpan?! Video berguna sebagai sarana manusia untuk mengabadikan berbagai momen aktivitas untuk kepentingan di berbagai bidang, seperti keamanan, sains, bisnis, atau sekadar dijadikan koleksi kenangan pribadi.

Lalu bagaimana cara mengatasinya agar video anda tetap tersimpan di handphone dan komputer, dengan kompres video tanpa mengurangi kualitas? Sehingga memory handphone atau komputer tidak cepat penuh, yang akibatnya bisa mengurangi performa. Berikut 5 contoh aplikasi kompresor video.

Smart Video Compressor. Dikembangkan oleh AppAspect Technologies Pvt Ltd., aplikasi Smart Video Compressor mendapatkan rating 4,6 di Play Store. Aplikasi ini merupakan aplikasi gratis dan bisa digunakan untuk mengompres file yang diinginkan pengguna secara sederhana dan cepat. Cara penggunaan:

  1. Silahkan Download dan Install Aplikasi Smart Video Compressor di Android
  2. Setelah aplikasi nya sudah terinstall , selanjutnya bukalah aplikasi tersebut.cari video yang akan dikompres.
  3. Silahkan atur sesuai keinginan . Fitur Quality untuk menentukan besar file video hasil kompres. Setelah selesai pilih Convert
  4. Beri nama file sesuai keinginan sobat dan tentukan directory folder nya
  5. Tunggu proses kompres video sedang berlangsung. Lama waktu nya tergantung besar ukuran file video, semakin besar maka dipastikan akan semakin lama.

Movie maker. Aplikasi ini biasanya merupakan aplikasi bawaan pada komputer dengan OS (Operating System) Microsoft. Aplikasi ini sangat cocok bagi kamu yang masih belum mahir dalam urusan editing. Selain kompres ukuran file video, ada berbagai fitur lain yang bisa kamu gunakan seperti memotong video, memasukkan musik tambahan. 

  • Buka aplikasi Movie Maker.
  • Pilih menu “Add Video”, kemudian pilih video yang ingin kamu kompres.
  • Pilih menu “File”, kemudian klik “Save Movie”. Beri nama pada video baru, lalu klik “Simpan Video”.
  • Tunggu sampai proses penyimpanannya selesai. Jika sudah, ukuran video akan berkurang secara otomatis tanpa mengurangi kualitas video yang sudah dikompres.

VidCompact Aplikasi VidCompact merupakan aplikasi edit video untuk android yang dapat diunduh gratis dan memiliki fitur compress video MP4. Jadi, kamu bisa kompres ukuran file video berformat MP4.

  • Download dan Install aplikasi VidCompact, lalu buka aplikasi tersebut.
  • Klik menu “Trim & Compress”, lalu pilih video yang ingin kamu kompress.
  • Kamu bisa memilih resolusi video sesuai keinginan mulai dari 240p hingga 480p.
  • Jika sudah, pilih “Compress Video” dan pilih juga “Save to Gallery” agar hasil video yang dikompres langsung tersimpan di galeri smartphone 

YouCommpress. cara kompres video online melalui situs yang bisa kamu akses kapan saja secara mudah. Hasilnya pun sangat memuaskan. Video dapat terkompres 80% tanpa mengurangi kualitas dari videonya.

  1. Langkah pertama buka website Youcompress.
  2. Lalu masukan file video yang ingin di kecilkan ukuranya, dengan klik pada kolom yang disediakan.
  3. klik upload file & compress.
  4. Tunggu proses sampai selesai, dan klik download untuk mulai menyimpan hasil kompres video.

melalui videosmaller.com

  • Buka situs VideoSmaller.com . Lalu, pilih “Browse” untuk menentukan video yang ingin kamu kompres.
  • Ada pilihan kualitas yang bisa kamu atur sesuai keinginan. Jika sudah, klik “Upload Video”. 
  • Tunggu beberapa saat hingga proses selesai, kemudian klik “Unduh Video”.

Dalam menyimpan sebuah video anda memang memakan cukup banyak memory pada smartphone anda. Hal ini nantinya akan membuat proses loading pada smartphone anda menjadi lemot. Karena banyaknya penggunaan memory yang digunakan. Namun setelah Anda membaca artikel diatas, Anda dapat mengkompres file video Anda, sehingga lebih menghemat memory penyimpanan Anda. Yuk kunjungi terus blog IMSnet.id dan dapatkan materi terlengkap tentang sosial media, bisnis online, hosting, digital marketing, web development, domain, serta topik kekinian lainnya. 

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *