commons.wikimedia.org

Diera digital saat ini kemudahan kita dalam melakukan berbagai aktivitas dengan kemajuan teknologi memang sudah tidak diragukan lagi.  Dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai apa itu API (Application Programming Interface.)

Pengertian dan Fungsi API

API, kependekan dari Application Programming Interface merupakan software interface berisi kumpulan dari instruksi yang menjelaskan bagaimana sebuah software bisa berinteraksi dengan software yang lain, ini semua disimpan dalam sebuah bentuk library.

API, kependekan dari Application Programming Interface merupakan software interface berisi kumpulan dari instruksi yang menjelaskan bagaimana sebuah software bisa berinteraksi dengan software yang lain, ini semua disimpan dalam sebuah bentuk library.

Tujuan dari API adalah untuk mempercepat pembuatan suatu aplikasi karena programmer tidak perlu menulis kode dari nol. API juga disediakan oleh sebuah platform untuk dapat mengakses fitur dari platform tersebut. Contoh dari API yang lintas platform adalah API Twitter dan Facebook, yang memungkinkan kita untuk dapat mengakses data pengguna platform tersebut pada aplikasi kita. Contoh lain seperti API Bot Telegram dan LINE yang memungkinkan aplikasi kita untuk dapat mengirim dan membaca chat dari pengguna platform tersebut secara otomatis.

API banyak dimanfaatkan untuk banyak hal dan asalan. Misalnya, jika Anda pernah melihat objek Google Maps tertanam di situs web, situs web itu menggunakan Google Maps API untuk dapat menyematkan peta itu. Google memaparkan API seperti ini kepada pengembang web yang kemudian dapat menggunakan API untuk menjatuhkan objek kompleks langsung di situs web mereka. Jika API seperti ini tidak ada, pengembang mungkin harus membuat peta sendiri dan memberikan data peta sendiri hanya untuk meletakkan sedikit peta interaktif di situs web.

Sederhananya, terdiri dari dua sisi, 1. Penyedia API dan 2. Pengguna API Penyedia API biasanya memberi akses untuk aplikasi lain menggunakan fitur mereka, seperti facebook menyediakan API login, Instagram menyediakan API untuk mencari foto, jadi website lain bisa membuat aplikasi yang berkaitan dengan foto tapi mengambil data-data fotonya dari instagram.

Contoh lain  Penggunaan API (Application Programming Interface).Google API. API yang memungkinkan Anda untuk menghubungkan kode Anda ke seluruh jajaran layanan Google, dari Maps ke Translate. API sangat penting bagi Google sehingga mereka mengakuisisi Apigee, platform manajemen API terkemuka. API Facebook.  API yang memungkinkan Anda mengakses secara terprogram grafik sosial dan alat pemasaran Facebook. Facebook sendiri telah membatasi data pengguna apa saja yang dapat Anda akses melalui API ini di jalan keluar dari Cambridge Analytica dan skandal lainnya.

Mau tahu tips dan pengetahuan yang lainnya? Yuk kunjungi terus blog IMSNet.id dan dapatkan materi terlengkap tentang sosial media, bisnis online, hosting, digital marketing, web development, domain, serta topik yang lainnya. 

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *