wallet, digital, mouse, e wallet, bank, money, payment, transfer, pay, transaction, smart, finance, card, internet, technology, cash, credit, concept, banking, business, commerce, online, purchase, coins, wireless, product, illustration, graphic design, logo, brand, graphics
pixhere

Semakin berekembangnya teknologi informasi semakin banyak pula kemajuan di setiap bidangnya Salah satu yang ikut bertransformasi ada pada bidang transaksi keuangan. Jika sebelumnya masyarakat harus menggunakan media uang cash / tunai untuk membeli dan membayar sesuatu, kini Anda dapat melakukan transaksi pembayaran tanpa harus menggunakan cash/ tunai. ya anda hanya perlu membawa handphone untuk membayarnya, saat ini lebih dikenal dengan digital payment

Kini sedang tren istilah belanja tanpa uang dimana orang-orang yang lebih sering menggunakan pembayaran elektronik sebagai instrumen kegiatan ekonominya khususnya dalam bertransaksi ( berbelanja) 

Digital payment memang tidak luput dari ancaman tindak kejahatan. Pembayaran dengan digital payment mengandung risiko terkena tindakan peretasan, pencurian data, fraud atau kecurangan

Tipe-tipe Digital payment  Populer

  1. Mobile Banking

Aplikasi Mobile Banking ini berguna untuk melakukan kegiatan-kegiatan finansial yang salah satunya adalah pembayaran secara digital. Kini sudah banyak Bank bank di indonesia yang menggunakan Mobile Banking. Anda cukup download aplikasi Mobile Banking dari bank tempat Anda menabung lalu melakukan aktivasi Mobile Banking dengan datang langsung ke cabang bank terdekat. 

  1. SMS Banking

SMS Banking juga adalah layanan transaksi finansial lain yang ditawarkan oleh pihak bank. Nomor ponsel Anda berperan untuk penggunaan SMS Banking, Hal itu karena transaksi perbankan yang dilakukan dengan SMS Banking akan dilakukan melalui fitur SMS.Dengan SMS Banking, kamu juga bisa melakukan Digital Payment.

  1. Internet Banking

Jika ingin mengaktifkan layanan ini kamu harus pergi ke bank dengan membawa kartu identitas yang masih berlaku, buku tabungan, dan kartu ATM, serta memiliki alamat email aktif. Jika semua prosesnya selesai, kamu bisa melakukan Digital Payment dengan Internet Banking. Internet Banking menggunakan sebuah token untuk melakukan transaksi finansial.

  1. e-Money

Salah satu ciri layanan keuangan disebut uang elektronik adalah layanan tersebut menggunakan jaringan internet. Ciri yang lainnya, uang elektronik berfungsi sebagai alat pembayaran dan deposit dengan cara transfer.

Di Indonesia ada banyak layanan uang elektronik atau e-Money yang sudah mulai dikenal di masyarakat. Nah, daftar layanan e-money populer ini akan dipaparkan berikut ini.

  1. OVO

Melalui OVO, Anda juga bisa melakukan berbagai jenis pembayaran seperti langganan internet, listrik, isi pulsa, dan lain-lain. Top up saldo OVO dapat dilakukan melalui ATM, m-Banking, Internet Banking, Debit Card atau melalui merchant-merchant tertentu.

  1. Go-Pay

Go-Pay merupakan sebuah layanan berbentuk financial technology atau fintech yang dimiliki oleh Go-Jek.  Anda juga bisa melakukan berbagai jenis pembayaran seperti langganan internet, listrik, isi pulsa, dan lain-lain. 

  1. Dana

Dana telah menyiapkan fitur QR Code yang dapat memangkas antrian saat akan melakukan pembayaran di banyak merchant DANA. Anda  juga dapat dengan mudah melakukan kirim-kirim uang dengan aplikasi ini. Cukup dengan memasukan nomor ponsel penerima, kamu bisa mengirim uang lebih cepat. Kamu juga bisa meminta uang kepada teman-teman Danamu dengan membagikan kode QR kamu agar mereka bisa langsung mengirimkannya ke akun Danamu. 

Manfaat Digital Payment

  1. Transaksi lebih nyaman

digital payment menawarkan kenyamanan saat melakukan pembayaran.Digital payment memungkinkan Anda melakukan transaksi tanpa harus berpindah tempat. Jadi, Anda bisa melakukan pembelian barang atau pembayaran dari rumah atau di sela kesibukan kerja.

  1. Keamanan Transaksi
  2. Lebih mudah 

Digital payment, memahami bagaimana sistem ini mempersingkat proses pembayaran. Hal ini karena Anda hanya menggunakan satu kartu yang digesek atau di-tap tanpa harus repot merogoh uang ke dalam tas. 

Itulah beberapa layanan pembayaran digital e-money yang populer. Mungkin masih ada beberapa aplikasi sejenis lain di luar sana yang belum disebutkan di sini. Sebagian aplikasi di atas pasti sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Namun, untuk sisanya bisa jadi terdengar baru untuk yang lainnya. Cari tahu info lainnya dari IMSNet.id untuk mendapatkan materi lainnya misalnya tentang sosial media, hosting, bisnis online, digital marketing, website dan domain.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *