AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click(ppc) atau bayar per klik.

AdSense adalah program kerja sama periklanan melalui media internet yang diselenggarakan oleh Google Corporation. Adsense bergerak di bidang agensi periklanan online yang menghubungkan advertiser (pemasang iklan) dengan publisher (pemilik situs atau blog).

Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog bisa mendapatkan pemasukan dari unit-unit iklan yang dipasang di halaman web mereka. Iklan AdSense yang tayang disesuaikan dengan konten dan pengunjung situs masing-masing publisher.

Tujuan utama Google Adsense adalah untuk membantu pemasangan iklan dan pemilik website atau blog mendapatkan keuntungan dan keuangan.

Ada dua cara untuk mendapatkan uang dari Google Adsense yaitu

  • Pre-impression: Jenis pembayaran ini bergantung pada jumlah page views yang Anda dapat setiap bulannya.
  • Per-click. Jenis pembayaran ini bergantung pada jumlah orang yang mengklik iklan tersebut. (Namun anda tidak bisa mengklik iklan anda sendiri, karena dianggap pelanggaran).

Adsense menampikan iklan diblog anda sesuai dengan konten blog Anda. Adsense memutuskan iklan mana yang ditampilkan dengan metode cookie, mereka memilih iklan berdasarkan search history pengunjung website anda.

Bagaimana agar website anda diterima oleh google Adsense:

  1. Google adsense menerima pengguna yang berusia diatas 18 tahun keatas. Namun jika anda berusai dibawah 18 tahun anda dapat mengunakan wali atau orang tua.
  2. Google  tidak menerima blog yang menerima konten publikasi atau curian. Salah satu kriteria kriterianya konten tersebut harus berkualitas, mampu memberikan informasi baru kepada pembacanya.
  3. Berikan informasi lengkap, sertakan alamat nama alamat email diwebsite anda. Karena ini dapat membantu team google untuk menginformasi kebenaran anda mendaftarkan diri di google adsense.
  4. Periksa konten anda untuk menghindari konten-konten yang tidak disukai oleh adsense, pornografi, konten bajakan, tutorial hacking, obat-obatan terlarang, hal-hal ilegal.

Langkah langkah mendaftar google Adsense:

  1. Buat akun Adsense terlebih dahulu. Silahkan kunjungi https://www.google.com/intl/id_id/adsense/start/ kemudian pilih mulai
  2. Masukkan URL Website Anda, alamat email Anda, dan pilih apakah Anda ingin mendapatkan bantuan dari AdSense. Setelah itu klik Save and Continue. Scroll ke bawah kemudian klik “Save & Continue” untuk melanjutkan.
  3. Setelah itu, Google akan memastikan bahwa URL dan info Anda sudah benar. Pilih negara asal Anda, dan jangan lupa centang Yes, I have read and accept the agreement. Setelah itu klik Create Account.
  4. Masukkan detail alamat pembayaran Anda. Isi data dengan lengkap. Setelah itu, Anda akan diminta untuk memasukkan kode ke HTML website Anda sebelum AdSense Anda bisa berjalan. Akun Anda sudah aktif. Namun belum bisa digunakan. Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu.

Aktifkan Akun AdSense

Setelah daftar Google AdSense di langkah pertama akan di bawa ke langkah kedua, dengan masuk ke dashboard Google AdSense. Isilah informasi yang diminta dan isilah dengan benar, sebab alamat ini menjadi persyaratan pencarian bayaran. Salih juga baris kode yang diberikan ke website (kode menunjukkan identitas website). Jangan lupa berikan tanda centang di “I’ve pasted the code into my site”, tujuannya agar Google AdSense dapat mengecek serta melaksanakan audit pada website anda. klik “Done”.
 

Umumnya Google AdSense meminta Anda menunggu maksimal 3 hari dan jika pendaftaran di terima Anda akan memperoleh email pengaktifan dan jika di tolak Anda juga akan menerima email yang isinya alasan penolakan.

Buatlah iklan di AdSense

Setelah daftar Google AdSense anda disetujui, berarti sudah aktif, selanjutnya buatlah iklan dan masukkan ke website anda. hal ini menarik sebab anda bisa mengatur iklan yang disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan. Ada 3 hal yang anda lakukan dalam pengaturan iklan AdSense yaitu :
a. Buat Unit Iklan atau Ads
b. Pilih tipe iklan
c. Pilih gaya teks iklan semuanya sesuaikan dengan keinginan anda.

Tambahkan iklan AdSense dalam website

Anda dapat menambahkan iklan dengan dua cara yakni dengan plugin otomatis maupun car manual dengan menggunakan code editor yang sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan oleh pemula sekalipun.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *