Penyebab Error 502 dan cara mengatasinya

Error 502 salah satu error yang paling sering dikeluhkan oleh para pemilik website. Munculnya error ini tentu menjengkelkan karena bisa merusak pengalaman pengunjung website Anda.

Error 502 Bad Gateway menurut Wikipedia adalah error yang terjadi ketika gateway atau proxy menerima respon yang tidak valid dari server.  Setiap kali Anda berkunjung ke website, browser Anda akan mengirimkan request ke web server. Setelah itu web server akan menerima dan memproses permintaan tersebut dan mengirimkan kembali ke browser untuk ditampilkan kepada user. Jika proses ini tidak berjalan dengan sempurna, biasanya browser akan menampilkan error 502 bad gateway.

Bisa juga pemberitahuan error itu ditampilkan dalam kata-kata yang lain, misalnya Error 502 Bad Gateway 502 Bad Gateway HTTP Error 502 – Bad Gateway Error 502, HTTP 502, 502 Service Temporarily Overloaded, Layar Blank Putih, That’s an error

Error 502 menyebabkan website menjadi down, sehingga pengunjung yang datang tidak bisa mengakses konten yang ada pada website. Pengaruh utamanya tentu pengunjung menjadi turun dan potensi untuk mendapatkan profit menjadi hilang. Selain itu jika dilihat dari pengaruhnya, error 502 bad gateway menyebabkan SEO ranking website menjadi menurun, terutama jika website Anda down dalam waktu yang lama.

Cara mengatasinya

Reload Halaman Website

error 502 bad gateway bukan bersifat permanen, melainkan sementara saja. Ia juga tidak merusak sistem secara keseluruhan. Hal yang pertama kali perlu Anda lakukan ketika menemukan error 502 Bad Gateway adalah melakukan refresh halaman website atau dengan menekan tombol F5 pada keyboard.

Hapus cache  Browser

Cache merupakan file yang tersimpan di server karena kamu membuka web untuk kesekian kalinya. Jadi cache secara otomatis memudahkan kamu bisa menerima tampilan web secara komplit tanpa perlu membuat server bekerja berulang-ulang. Langkah-langkahnya cukup mudah, silahkan Anda buka pada Customize and Control Google Chrome > Setting > Advanced > Privacy and Security > Clear Browsing Data > Clear Data.

Ganti Browser

Ketika menghapus cache browser tak menyelesaikan masalah, cobalah untuk berganti menggunakan browser lain.

Restart jaringan Internet

Misalnya, kamu menggunakan router sebagai perangkat jaringan internet. Di luar kendali, gateway router kamu mengalami kendala atau error. Jika penyebab 502 bad gateway karena ini, maka cara merestart nya cukup sederhana. Kamu cukup mencabut kabel power jaringan internet, lalu tunggu sekitar satu menit. Selagi menunggu, kamu juga bisa merestart komputer kamu. Setelah itu, kembali pasang atau tancapkan kabel router kamu, dan cobalah kembali mengakses web kamu.

CDN

Bagi Anda yang menggunakan layanan CDN seperti CloudFlare, coba Anda nonaktifkan sementara apakah ada perubahan atau tidak. Caranya dengan mengarahkan name server CloudFlare menuju name server hosting yang Anda gunakan. Jika merasa kesulitan silahkan minta kepada customer service CloudFlare untuk mematikan sementara layanannya. Perlu diketahui pula bahwa sistem pemindahan name server atau  propagasi membutuhkan waktu beberapa jam hingga selesai.

Lakukan pengecekan pada layanan hosting

Penyebab error 502 yang paling sering terjadi biasanya disebabkan karena adanya masalah pada web hosting yang Anda gunakan. Misalnya karena website Anda terlalu banyak melakukan query. silahkan Anda menghubungi penyedia layanan hosting Anda tentang masalah 502 bad gateway. Jelaskan apa saja  yang sudah Anda lakukan dan kronologi sampai terjadinya HTTP  502 error, agar nantinya pihak customer service bisa menganalisa penyebab terjadinya masalah tersebut.

Itulah beberapa cara mengatasi 502 Bad Gateway pada website Anda. Pada intinya, mengatasi 502 bad gateway tidak terlalu sulit. Error 502 masalah utamanya ada di server, selain itu plugin dan theme yang Anda gunakan bisa jadi menjadi salah satu penyebabnya.  Jika Anda menggunakan layanan IMSNet.id, team kami akan siap membantu Anda dalam menghadapi permasalahan tentang website Anda.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *