Setelah pada artikel sebelumnya kita membahas mengenai penyebab adanya eror 404 not found. Pada artikel ini kita akan membahas mengenai cara cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi eror tersebut. Silahkan disimak dan dipahami

Sebelum memahami atau menerapkan langkah langkah mengatasi eror 404, sebaiknya anda merefres website dahulu. jadi kadang, refresh saja malah akan membuat halaman yang Kamu maksud muncul lagi. Jika belum bisa anda dapat melakukan langkah- langkah dibawah ini:

Periksa kembali penulisan URL. Seperti penjelasan di artikrel sebelumnya bahwa eror ini bisa jadi muncul dikarenakan anda melakukan kesalahan dalam penulisan alamat URL. Coba anda periksa lagi barangkali ada kesalahan penulisan url

Bersihkan chace dan history anda.  Munculnya tampilan Error 404 tidak hanya datang dari website itu sendiri, tetapi bisa saja muncul dari komputer-mu sendiri. Misalnya, anda bisa membuka website tersebut lewat smartphone, namun ketika kamu membukanya lewat komputer atau laptop website yang dimaksud tidak bisa dilihat. Solusi yang perlu anda lakukan adalah dengan mengosongkan cache yang ada di browser dan bersihkan history. Hal ini juga berlaku bagi smartphone anda.

Update permalink website. Kalau kamu menggunakan website berbasis wordpress, biasanya error 404 terjadi karena permalink (atau file .htaccess). Penyebab munculnya kadang setelah kamu migrasi server.

Nah cara melakukan update permalink adalah dengan melakukan save ulang settingan permalink yang ada sebelumnya.

Setelah masuk ke dalam wp-admin wordpress kamu,

Masuk menu Settings → Permalinks dan klik Save Changes (gak perlu ada perubahan apa-apa, klik Save Changes aja udah cukup).

Update file .htaccsess

Biasanya Error 404 juga menyebabkan kamu gak bisa masuk ke dashboard wp-admin kamu. Tenang sob, masih ada cara lain memperbaikinya dengan meng-update file .htaccess di hosting yang kamu gunakan.

  • Kamu bisa menggunakan aplikasi seperti Filezilla untuk mengakses website.
  • Lalu buka folder root WordPress yang berisi instalasi WordPress. Biasanya direktori ini tersimpan di folder public_html atau www.
  • Kemudian masuk ke folder tersebut dan cari file .htaccess. Ubah namanya jadi .htaccessbackup
  • Terus  siapkan file bernama .htaccess di komputer kamu berisi kode file .htaccess WordPress default
  •  ganti file .htaccess lama dengan file .htaccess default di atas. Selesai, Anda sudah berhasil menreset permalink secara manual!

Nonaktifkan tema dan plugin

Non-aktifkan melalui dasbor wp-admin

  • Setelah masuk wp-admin. Kamu bisa menonaktifkan plugin dengan membuka menu Plugins > Installed Plugins. Kemudian centang semua plugin dan terapkan Bulk Actions, pilih Deactivate.
  • Jika Error 404 sudah tidak muncul, artinya ada salah satu plugin yang menyebabkan error tersebut.
  • Selanjutnya aktifkan plugin satu per satu untuk mengecek plugin mana yang menjadi penyebab error tersebut. Jika kamu mengaktifkan satu plugin dan error kembali muncul, artinya plugin tersebut yang menyebabkan Error 404 muncul.
  • Lalu kamu bisa coba mengupdate plugin bermasalah tersebut. Bisa jadi plugin menyebabkan error karena tidak diupdate. Namun, jika sudah diupdate dan error tetap muncul, uninstall plugin tersebut dan cari alternatif lain.
  • Terakhir jika ternyata bukan plugin yang menyebabkan munculnya Error 404, kamu bisa beralih ke tema. Ganti tema yang sedang kamu gunakan dengan tema lain. Apabila error tidak muncul kembali artinya, tema kamulah yang menjadi penyebab Error 404. Sebaiknya ganti tema kamu jika memang terbukti menghasilkan error.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *