Memilih platform terbaik untuk toko online anda. Mungkin saat ini anda sedang ingin membuat toko online untuk usaha anda yang saat ini masih berjalan secara konvensional. Karena berjualan secara online mempunyai banyak kelebihan.

hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih CMS toko online yang tepat agar bisnis Anda bisa segera diperkenalkan melalui internet. Tentunya, memilih dan menggunakan CMS terbaik untuk toko online akan memudahkan proses pembayaran dan bahkan di saat Anda harus menangani inventaris.

Berikut ini beberapa kriteria lain yang patut dipertimbangkan saat Anda mencari platform CMS e-commerce terbaik:

  1. Memudahkan Anda untuk membuat kategori produk. Jika Anda berencana untuk menjual lebih dari satu jenis item, maka penting untuk mengatur semuanya agar tetap teroganisir.
  2. Adaya opsi kustomisasi halaman produk. Pastikan CMS toko online yang dipilih memudahkan Anda untuk membuat halaman yang menarik dan informatif bagi masing-masing produk.
  3. Fitur sales dan diskon. Setiap orang pasti menyukai sales atau potongan harga. Fitur ini bisa menaikkan pamor dan popularitas bisnis Anda.
  4. Menawarkan beragam metode pembayaran. Setiap orang memiliki metode pembayaran yang disukai. Jadi, penting bagi Anda untuk menyertakan toko online dengan pilihan cara pembayaran.
  5. Memberikan informasi analytics. Semakin dalam Anda mengenal dan mengetahui perilaku pelanggan, maka semakin besar pula kesempatan bagi Anda untuk mengoptimalkan dan menaikkan konversi.

Contoh Platform CMS toko Online

WooCommerce.

WooCommerce gratis dan juga banyak ekstensi, gratis. Beberapa ekstensi hanya tersedia dengan harga bulanan premium, tetapi Anda dapat menjalankan toko online Anda meskipun tanpa ekstensi tersebut untuk skala toko online tingkat kecila ke menengah. Produk dapat memiliki kategori induk, kategori anak, tag, dan atribut secara lengkap. Anda dapat mengelola toko Anda dengan laporan penjualan, laporan pesanan, data analitik melalui integrasi dengan Google Analytics dan banyak lagi.

Kelebihan: Menggunakan CMS WordPress untuk membuat toko online. Meggunakan ekstensi dan tema WooCommerce yang dedicated untuk memodifikasi dan mengelola toko online. Memilliki komunitas user WordPress yang besar.

Kekurangan: Membutuhkan banyak ekstensi jika ingin menambahkan fungsionalitas tingkat lanjut.

PrestaShop

merupakan platform e-commerce yang dedicated, berbeda dari WooCommerce. Tujuan utama dari CMS ecommerce ini adalah memudahkan Anda dalam membuat toko online dengan tampilan yang menarik dan profesional secepat mungkin. Adanya manajemen produk yang powerful, beragam opsi pembayaran, checkout yang bisa dikustomisasi, dan masih banyak lagi. Juga  untuk mengetahui pajak produk.

Kelebihan: 

  1. Pengaturan manajemen produk tingkat lanjut.
  2. Beragam opsi metode pembayaran.
  3. Fitur checkout yang bisa dikustomisasi.
  4. Menggunakan analytics untuk mendapatkan informasi tentang perilaku klien atau pelanggan Anda.
  5. Pertanyaan atau permintaan bantuan yang langsung ditangani di dalam platform.
  6. Memberi informasi soal pajak barang.

Kekurangan: Anda harus memahami sebagian learning curve untuk menginstall dan mengaktifkan fitur.

Magento

Platform ecommerce ini menawarkan desain template yang fleksibel untuk toko online Anda. Bukan hanya itu, Solusi ecommerce open source ini menawarkan download gratis dan memungkinkan pengguna untuk merancang, mengatur, dan menjalankan toko online sendiri dengan lebih fleksibel. Namun terkait dengan cara kerja dari Magento, hal ini cukup rumit. Untuk itu, Anda perlu mendalaminya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakan Magento. Magento sendiri terdapat beberapa versi , seperti Magento Enterprise Edition, The Community Edition (Open Source), dan Magento Go

Kelebihan:

  1. Platform e-commerce yang dapat di-scaling sehingga sangat sesuai untuk bisnis atau toko online besar.
  2. Memiliki fitur SEO dan keamanan bawaan.
  3. Mampu mengelola berbagai mata uang dan rate pajak.
  4. Terintegrasi dengan hampir semua prosesor pembayaran.

Kekurangan:

  1. Platform ini memiliki learning curve yang sulit.
  2. Tidak mudah mengelola Magento, terlebih jika Anda tidak atau belum memiliki pengalaman di bidang web development.

Shopify

Sebagai platform ecommerce, Shopify mungkin merupakan platform ecommerce yang paling banyak terdengar gaungnya di kalangan pelaku bisnis online. Platform ecommerce berbayar yang berasal dari Kanada ini mengembangkan sayapnya ke Indonesia melalui Singtel Singapore pada tahun 2013 lalu. Shopify menawarkan kepada pengguna atau pemilik toko online dengan serangkaian layanan seperti pembayaran, pemasaran, pengiriman dan alat keterlibatan pelanggan untuk menyederhanakan proses menjalankan toko online untuk pedagang kecil

Kelebihan:

  1. Kemudahan Penggunaan
  2. Harga yang relatif murah untuk setiap paketnya
  3. Laporan mencakup laporan penjualan terperinci dan data tentang akuisisi pelanggan. Anda juga dapat melihat data analitik.
  4. Dukungan tersedia 24/7 melalui obrolan langsung, email dan telepon.

Kekurangan: Anda tidak dapat membuat subkategori juga tidak dapat menambahkan lebih dari tiga opsi untuk setiap produk.

Sebenarnya, masih banyak lagi website yang menyediakan platform untuk toko online Anda. Namun, beberapa platform di atas paling sering digunakan karena memiliki jumlah pengguna yang cukup banyak.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *