Apa yang akan terfikir dalam benak anda jika menyebut kata warna? Memikirkan arti dari warna itu sendiri atau dalam bayangan anda muncul berbagai penggambaran jenis warna seperti warna merah untuk menggambarkan berani, putih untuk suci, hijau untuk kesuburan. Ya memang benar jika warna ladang memberikan nilai filosofi yang berbicara di alam bawah sadar manusia.

Sekarang kita pelajari bersama pentingkah pemilihan warna jika kita inigin mendisain atau mebuat sebuah website. Jawabnya adalah penting, karena seperti penjelasan awal tadi bahwa warna memberikan nilai filosofi yang berbicara di alam bawah sadar manusia,variasi warna dapat menyebabkan emosi yang berbeda pada tiap orang.

Pilihan warna akan mendapat efek langsung dari pengunjung tentang persepsi perusahaan atau produk kita tawarkan. Ini menjadi rumit dengan adanya fakta bahwa penggunaan warna pada web sekarang tak terbatas: perkembangan teknologi membolehkan kita membuat jutaan kombinasi warna. Disamping konten yang baik, kecepatan loading, dan juga pemilihan desain, warna bisa dibilang menjadi elemen krusial dalam suatu website. Agar tidak membuat mata cepat lelah.

Lalu bagaimana cara memilih komposisi warna tersebut????

Gunakan Kombinasi Warna Website Sesuai Segmen Pasa

Pilihlah warna yang sesuai dengan segmentasi pasar atau sasaran dari website anda misalkan website anda menjual produ untuk anak-anak pilih warna yang ceria dan mengambarkan kelucuan anak anak. Sebaliknya, jika Anda sedang berebcana untuk menjalankan website serius yang lebih profesional jangan memilih warna fun dan ceria agar tidak menampilkan kesan nyeleneh.

Perhatikan Kontras Pada Background Warna

Terkait masalah kontras warna, gunakan perbaduan warna yang agak gelap atau tidak terlalu terang sebagai warna primer. Setelah itu, Anda bisa mencoba bereksperiman dengan memadukan warna skunder serta tersier.  Pada umumnya, setiap warna memiliki karakteristik kontras yang berbeda-beda. Karenanya, sebagai pemilik website Anda harus bisa memilah dan memperhitungkan besaran kontras dari setiap warna yang akan digunakan.

Sesuaikan dengan Warna Brand

Kekuatan warna untuk  mempengaruhi daya ingat pengguna biasanya juga dimanfaatkan oleh perusahaan untuk memperkuat brand awareness perusahaan. Jadi, jangan lupa untuk menyesuikan warna website dengan identitas warna brand agar terlihat semakin konsisten di mata pelanggan.

Pertimbangkan Aspek Psikologi Warna

Secara tidak langsung warna menyumbang pengaruh yang signifikan terhadap pemikiran seseorang. Psikologi warna sendiri bisa diterapkan untuk menentukan jenis warna sesuai mood pengguna, misalnya untuk warna-warna dingin yang menenangkan bisa diaplikasikan sbagai bacground, maupun teks, sementara untuk warna cerah umumnya digunakan untuk memberikan tanda peringatan “warning” seperti halnya papan rambu-rambu lalu lintas di jalan raya

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *