Artikel ini mungkin akan membantu bagi anda para UMKM ketika ingin membuat usahanya go digital. Di artikel ini kita akan memberikan langkah-langkah membuat toko online.

Kali ini kita akan menggunakan WordPress dan Plugin WooCommerce.

WooCommerce merupakan salah satu plugin WordPress yang dapat menyulap website menjadi toko online. Disini menggunakan  WordPress.org, bukan WordPress.com. Karena Anda tidak bisa menginstall WooCommerce di platform blog gratisan seperti WordPress.com.

Untuk jelasnya mengenai perbedaan WordPress.com dan WordPress.org kita sudah bahas di artikel sebelumnya. Tentang “belajar WordPress”. 

Sebelum anda membuat toko online hal pertama yang harus dilakukan yaitu memilih nama domain dan tempat hosting.  Domain dan hosting menjadi elemen penting yang wajib dimiliki sebelum membuat toko online. Domain merupakan alamat website yang bisa digunakan untuk mempermudah calon pembeli mengakses toko online. Anda dapat memesan domain dan hosting di IMSNet.id

Setelah mendapatkan nama domain dan juga hosting hal selanjutnya yaitu:

  1. Install wordpress. Silakan login ke cPanel hosting Anda, Untuk URL login cPanel berupa namadomain.com/cpanel.
  2. Kemudian login menggunakan username dan password
  3. Jika sudah berhasil login, menuju pada tab SOFTACULOUS APPS INSTALLER, dan klik logo wordpress
  4. Selanjutnya silakan tekan tombol Install Now
  5. Pada bagian Software Setup silakan pilih nama domain Anda pada kolom Choose Domain, untuk kolom In Directory silakan untuk dikosongkan.
  6. Jangan lupa untuk mengisi nama toko online Anda beserta deskripsinya.
  7. Silakan tentukan username dan password yang akan Anda gunakan untuk login ke dashboard WordPress.
  8. Terakhir silakan klik tombol Install. tunggu sampai Selesai
  9. CMS WordPress. Telah terpasang di website anda.

Setelah selesai instal CMS wordPress, langkah selanjutnya adalah memasang Plugin untuk toko online. Langkah selanjutnya adalah:

  1. Kunjungi halaman administrator (WP-Admin).Ketikkan namadomain.com/wp-admin, gunakan sub-domain toko online kita. misal pisangkeju.com. Kemudian pada bagian akhir saya tambahkan wp-admin menjadi pisangkeju.com/wp-admin.
  2. Login dengan username dan password
    Ingat jangan sampai salah memasukkan username/password hingga lebih dari 3x karena nantinya tidak akan bisa login lagi untuk beberapa menit. 
  3. klik Plugins – Add new. Setelah berhasil login dan masuk dashboard wordpress, selanjutnya klik pada bagian Plugins dan pilih Add new, 
  4. Ketik WooCommerce pada kotak Pencarian
    Cari pada kotak pencarian Plugin WooCommerce lalu tekan enter untuk mulai melakukan pencarian plugin ini secara otomatis. Setelah muncul silahkan install. Dan proses pengistallan plugin ini tidaklah lama karena butuh waktu 1-3 menit saja.
  5. Klik Activate Plugin. Langkah terakhir adalah mengaktifkan plugin WooCommerce yang tadi kita install, cukup dengan klik tombol Activate Plugin, maka plugin tersebut akan otomatis aktif dan itu artinya toko online wordpress siap digunakan untuk berjualan.
  6. Disini kita bisa mengubah tema dan template sesuai dengan yang diinginkan, isikan isikan setiap konfigurasi yang ada.
  7. Terakir anda dapat memasukkan gambar gambar produk yang anda jual/ taearkan.
  8. Lakukan pengaturan pengaturan yang ada untuk memperindah tampilan toko online ada seperti, pengaturan halaman utama penambahan kategori 

Demikian diatas adalah cara pembuatan toko online dengan menggunakan CMS WordPress dan plugin wooCommerce. Semoga artikel ini membantu anda dalam membuat toko online impian anda. Jika anda tidak mau direpotkan dengan pembuatannya silahkan kunjungi IMSNet.id untuk menerima pemesanan anda membuat toko online impian!.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *